Musim Hujan: Hewan Peliharaan pun Bisa Bete, Cek 4 Solusinya
TEMPO.CO | 01/12/2018 05:25
Ilustrasi kucing. Sxc.hu
Ilustrasi kucing. Sxc.hu

TEMPO.CO, Jakarta - Musim hujan memang sering membuat hati gundah gulana. Tak cuma manusia, hewan peliharaan pun bisa mengalami suasana stres yang disebut Seasonal Affective Disorder (SAD). 

Baca juga: Ini Gejala Penyakit yang Ancam Hewan Peliharaan di Musim Hujan

Menurut Dr. Nicholas Dodman, seorang ahli perilaku hewan, profesor di Tufts University, dan penulis beberapa buku, “Segala sesuatu terkait psikologis atau psikiatri yang mempengaruhi orang akhirnya ditemukan juga mempengaruhi hewan peliharaan,” katanya.

”Menurut survei oleh People's Dispensary for Sick Animals (PDSA), sebuah badan amal UK Veterinary, sebanyak satu dari tiga pemilik anjing telah melaporkan depresi - seperti gejala SAD pada anjing mereka dan setengah melaporkan bahwa anjing mereka tidur lebih banyak di musim dingin, tanda peringatan lain dari SAD.

Selain itu, satu dari tiga pemilik kucing mengatakan bahwa kucing mereka tampak "lebih sedih" dan kurang energik. The PDSA menyatakan bahwa hewan yang menderita SAD cenderung menampilkan gejala yang sangat mirip dengan rekan manusia mereka, seperti depresi, kekurangan energi, dan kelelahan.
Ilustrasi anjing mengenali emosi manusia. google.com
Para ilmuwan telah menemukan bahwa SAD berkaitan dengan hormon melatonin, zat kimia yang bertanggung jawab untuk tidur alami. Ini diproduksi oleh kelenjar pineal, juga dikenal sebagai "mata ketiga." Ketika retina Anda mengambil cahaya, menghubungkan melalui trek ke struktur otak Anda yang lain dan ke kelenjar pineal. Jadi, ketika ada kekurangan cahaya, struktur ini tidak dirangsang dan produksi melatonin Anda meningkat. Dan para ahli sekarang percaya bahwa proses yang sama dapat mempengaruhi hewan dengan cara yang sama. Gejala termasuk menderita kelelahan, kesedihan dan pola makan yang berbeda atau aneh.

Dalam penelitian sebelumnya, yang dipimpin Randy Nelson Ohio State University, hamster menunjukkan tanda-tanda depresi ketika mengalami tingkat cahaya rendah. 101 hamster (53 jantan, 48 betina) hidup selama 60 hari di beberapa wadah. Beberapa terpapar 16 jam cahaya (panjang, hari-hari musim panas) dan lainnya, delapan jam cahaya (lebih pendek, hari-hari musim dingin). Pada akhir penelitian, Nelson menemukan hubungan yang jelas dengan tingkat kecemasan dan depresi dan total jam cahaya yang dihadapkan pada hamster.

Baca juga: Musim Hujan: Mood dan 2 Penyakit Ini Ancam Hewan Peliharaan

Berikutnya, mungkinkah depresi hewan peliharaan bisa dicegah?


Bagaimana mengatasi kondisi tersebut agar hewan peliharaan kita tidak mengalami depresi? Dr. Jeff Werber, seorang dokter hewan terkenal dan spesialis pengasuhan hewan peliharaan, memiliki beberapa kiat tentang cara memerangi SAD pada mereka.

1. Beri kesempatan untuk berlari-lari
Bawa anjing Anda keluar untuk berjalan cepat atau joging; Latihan fisik terbukti melepaskan endorfin dan meredakan stres. Itu juga akan menjaga mereka agar tidak kaku dan sakit akibat cuaca dingin. (Catatan: yang terbaik adalah melakukannya di tengah hari, saat paling banyak matahari dan cuaca hangat. Jika Anda harus bekerja di siang hari, pertimbangkan untuk menyewa seorang anjing walker)

2. Bina Hubungan baik dengan hewan peliharaan
Pastikan untuk meluangkan waktu setiap hari bermain dengan mereka. Mainkan permainan yang aktif, seperti tarik tambang, sepak bola . Setelah itu, jangan ragu bersantai di depan TV atau membaca buku yang bagus bersama mereka. Hewan peliharaan membutuhkan perhatian dan kasih sayang, terutama di musim dingin.
Ilustrasi bawa anjing ke kantor. cnbc.com
3. Kurangi makanan
Jika hewan peliharaan Anda tidak aktif di musim dingin, dan tidak ada cara untuk memastikan mereka bergerak, kurangi asupan mereka sekitar 10 persen. Cara ini akan membantunya untuk mencegah berat badan yang berlebih. 

4. Beli LightBox
Alat jenius ini, adalah kotak yang menyalin matahari dengan memancarkan cahaya buatan ke ruang yang berada di dalam ruangan. Dikenal sebagai 'Kotak Sol', perangkat terapi cahaya ini adalah versi yang dibuat khusus untuk hewan peliharaan seperti kucing dan anjing yang menderita kekurangan cahaya matahari. Anda bisa membeli atau membuatnya sendiri dengan menggunakan boks dan lampu.

Baca juga: 4 Jurus Agar Hewan Peliharaan Tetap Sehat di Musim Hujan

KATU.COM | ANIMALFAIR.COM


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT