JFW 2019, Ada Busana dengan Motif Mickey Mouse
TEMPO.CO | 23/10/2018 10:30
Seniman pasir asal Rusia Konstantin Kuzyarin, membuat patung pasir bergambarkan Mickey Mouse dalam acara Sand Sculpture Festival "Disney Sand Magic" di Ostend, Belgia, 22 Juni 2017. REUTERS/Yves Herman
Seniman pasir asal Rusia Konstantin Kuzyarin, membuat patung pasir bergambarkan Mickey Mouse dalam acara Sand Sculpture Festival "Disney Sand Magic" di Ostend, Belgia, 22 Juni 2017. REUTERS/Yves Herman

TEMPO.CO, Jakarta - Merayakan ulang tahun ke-90 Mickey Mouse, Disney Indonesia mengumumkan rangkaian acara spesial untuk menyapa penggemar tokoh ikonik dunia itu.

Baca juga: 
Jenahara Nasution Tampilkan Mickey Mouse dalam Modest Wear
Apa Jadinya Jika Power Rangers Melenggang di JFW 2019?

Salah satunya melalui pagelaran busana di Jakarta Fashion Week  atau JFW 2019 di Senayan City. Disney Indonesia berkolaborasi dengan desainer Indonesia, salah satunya dengan desainer Didiet Maulana lewat label Ikat Indonesia.

Didiet mengaku bangga berkesempatan merancang busana berdesain Mickey Mouse. Dia mengatakan modal utama adalah riset yang komprehensif.

"Kami siapkan riset terlebih dulu tentang apa yang ingin kami tampilkan. Di luar negeri, Disney ini gandeng nama brand besar seperti Gucci. Jadi, kami seperti membawa nama negara. Kami serius saat garap riset," tuturnya, di Jakarta Senayan City, Senin 22 Oktober 2018.
Label Suqma menampilkan koleksi dengan detail Mickey Mouse kolaborasi dengan Disney. Instagram.com/jenaharanasution
Menurutnya terdapat tiga aspek yang dilakukan tim Ikat Indonesia untuk mendesain busana kali ini. Salah satunya adalah tren seni pada saat karakter Mickey Mouse lahir pada 1929. Didiet menyebutkan bahwa saat itu yang sedang naik daun adalah art deco.

Poin lain adalah bagaimana mengawinkan ikon Mickey Mouse dengan karakter tenun ikat.  Aspek terakhir ialah segmen pasar yang hendak dibidik, yakni ditetapkan menyasar kaum muda perkotaan.

Didiet membenarka bahwa proses memadukan ikon Mickey Mouse dengan karakter tenun ikat memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya adalah memadukan warna.

Produk fashion yang dibuat Ikat Indonesia, salah satunya kain bercorak tenun dengan motif Mickey Mouse pada salah satu sisinya." Kain ini dapat dipakai sebagai kerudung maupun scraft," katanya.

Selain itu, Ikat Indonesia juga mendesain baju khusus untuk boneka Mickey.

Produk fashion yang dirancang Ikat Indonesia dapat dibeli masyarakat melalui platform e-commerce JD.ID.

Adapun, sejumlah pihak lain yang turut berkolaborasi adalah Matahari, PopU, Suqma, UBS Gold, Sogo, Alfamart, bahkan brand Zara dan Uniqlo.

Sementara itu, Creative Director Suqma Jenahara Nasution mengatakan bahwa pihaknya adalah merek fashion muslim pertama di Asia Tenggara yang berkolaborasi dengan Disney. Desain Suqma dibanderol mulai Rp 300.000 per piece.

Country Head Disney Indonesia Herry Salim menjelaskan, yang diangkat dari karakter Mickey Mouse terutama keceriaan sosok ini. Kolaborasi Disney dengan lebih dari 50 brand menghasilkan aneka produk, seperti fashion, mainan, perlengkapan rumah, hingga personal care.

"Kami berusaha berkolaborasi untuk menghasilkan produk yang relevan dengan fans lokal," katanya.

Menurutnya, evolusi Mickey Mouse kerap menjadi inspirasi dunia seni dan fashion yang menghadirkan koleksi produk untuk remaja hingga dewasa.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT