Penata Rias Bagi Kiat Makeup buat yang Sering di Luar Ruangan
TEMPO.CO | 19/10/2018 16:19
Ilustrasi wanita santai sambil berjemur sinar Matahari. Dan Kitwood/Getty Images
Ilustrasi wanita santai sambil berjemur sinar Matahari. Dan Kitwood/Getty Images

TEMPO.CO, Jakarta - Buat yang sering melakukan kegiatan di luar ruangan dan terpapar sinar matahari, sangat disarankan untuk tidak menggunakan riasan tebal. Menurut dermatolog dari ID Beauty Clinic Jakarta, dr. Maria Charlotte, B Med Sci, makeup tebal yang bercampur keringat akibat cuaca panas akan meningkatkan risiko wajah menjadi berjerawat hingga break out.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan riasan sama sekali saat akan beraktivitas di luar ruangan. Penata rias kondang yang pernah merias sejumlah artis ternama, seperti Raisa hingga Agnez Mo, Adi Adrian memberi kiat riasan bagi wanita yang aktif berkegiatan di luar ruangan.

Artikel lain:
5 Langkah agar Makeup Selalu Tampak Kinclong
Tips Makeup agar Wajah Tampak Lebih Muda
Makeup Artist Bagi Kiat Merias Wajah Sesuai Lokasi Aktivitas

"Pertama, sebelum keluar rumah pakai sunblock atau tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kalau enggak mau pakai sunblock, pakai CC cream atau BB cream atau pakai alas bedak yang ber-SPF," saran Adi.

Kemudian, selain SPF, Adi pun mengatakan diperkenankan memakai bedak dengan formulasi yang ringan, seperti bedak tabur, lipbalm, atau lipstik, dan membentuk alis.

"Yang penting jangan keluar rumah tanpa pakai (perlindungan) apa pun. Kenapa? Kalau kita tidak pakai tabir surya, maka debu akan langsung menempel di kulit muka. Kalau sudah menempel dan terakumulasi setiap hari maka nanti efeknya akan jelek untuk kulit. Kalau masih muda memang belum terasa efeknya tetapi nanti kalau sudah umur 30-35 tahun, pasti keluar efek negatifnya, seperti flek atau noda-noda hitam," paparnya.

AURA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT