4 Tips Mengatasi Rasa Galau, Jangan Malu Menangis
TEMPO.CO | 19/10/2018 15:56
Ilustrasi wanita galau saat kerja. shutterstock.com
Ilustrasi wanita galau saat kerja. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Apakah karena sesuatu yang tak pasti atau bahkan sedang terkena musibah yang menjengkelkan sehingga membuat Anda galau? Jangan terus dipikirkan.

Galau berkepanjangan tak baik buat kesehatan. Buat yang masih galau, berikut empat tips ampuh untuk menghilangkannya.

Tips lain:
3 Tips Mengusir Rasa Bosan
Tips Perawatan Kulit untuk Kamu yang Berusia 30 Tahun

1. Tidur
Aktivitas satu ini bisa bikin suasana hati kembali seperti semula dan setidaknya akan membantu otak berpikir ke titik awal di mana Anda sedang tidak mengalami masalah apa-apa. Selain itu, tidur dapat membantu hati dan emosi lebih rileks dalam menghadapi persoalan. Jika kurang tidur saat masalah datang, bisa jadi kontrol emosi tidak stabil dan dapat memicu depresi.

2. Makan
Terkadang makan saat emosi sedang tidak stabil akan mengakibatkan masalah pada berat badan. Namun, jangan khawatir, cara makan yang satu ini terjamin. Cukup makan satu kali suapan saat suasana hati buruk.

Mengonsumsi makanan asin, asam, pedas, manis, dingin, dan panas bisa membantu mengurangi emosi buruk. Tapi ingat aturan makan. Sebagai contoh, konsumsilah makanan yang diinginkan, tapi cuma satu suap saja.

Jika masih saja galau, berikan jeda selama 4 jam barulah makan satu suap lagi. Sebenarnya,hal itu bermaksud untuk mengalihkan fokus galau ke hal lain, jadi di waktu yang sama Anda dapat mengatasi diri dari stres sekaligus tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan.

ilustrasi berolahraga. Shutterstock

3. Olahraga
Olahraga cukup dengan gerakan kecil yang cukup untuk memecahkan fokus galau. Berlari di tempat dan melakukan sedikit gerakan bela diri, seperti meninju-ninju udara atau loncat-loncat seperti petinju.

Gerakan kecil semacam itu bisa bikin adrenalin ginjal bekerja dan memacu jantung untuk memompa darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Aliran oksigen membuat tubuh lebih segar dan emosi pun bisa terkontrol menjadi lebih baik.

Baca juga:
5 Alasan Mengapa Wanita Lebih Suka Pria Menangis
Bukan Cuma Wanita yang Suka Menangis, Tapi Apa Beda dengan Pria?

4. Menangis
Menangis merupakan salah satu cara jitu menghilangkan galau. Pada saat menangis lakukan sesuatu yang jarang dilakukan sehari-hari. Contoh, jika Anda jarang masak, coba saat menangis langsung memasak.

Saat menangis dan melakukan aktivitas, hal tersebut akan membantu mengurangi fokus galau. Fokus galau itu akan terpecah oleh aktivitas asik dan aneh yang jarang Anda lakukan.

TEEN


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT