Wanita Bertubuh Plus, Jangan Ragu Lakukan 6 Gerakan Yoga Berikut
TEMPO.CO | 17/10/2018 06:51
Ilustrasi yoga. Aisquared.com
Ilustrasi yoga. Aisquared.com

TEMPO.CO, Jakarta - Wanita bertubuh plus terkadang ragu melakukan olahraga tertentu, seperti lari, bersepeda, atau senam. Salah satu jenis latihan fisik yang bisa jadi pilihan adalah yoga.

Baca: 6 Pose Yoga untuk Menangkal Kebiasaan Buruk

Beberapa gerakan yoga terbilang mudah diikuti dan cocok buat pemula, termasuk kamu yang bertubuh plus. Simak beberapa gerakan yoga berikut dan cobalah di rumah.

1. Cat-cow pose
Cat-Cow pose atau Marjaryasana dan Bitilasana adalah gerakan untuk pemanasan. Lakukan posisi merangkak dengan kedua tangan dan lutut menopang tubuh. Kemudian kencangkan bagian perut ke dalam dan lengkungkan punggung seperti membentuk huruf U terbalik dengan posisi kepala menunduk.

Setelah itu tekan dada dan tulang ekor lalu lengkungkan tulang punggung seperti huruf U. Lakukan gerakan tersebut sebanyak 20 kali.

2. Half Lord of the pishes
Gerakan half lord of the fishes atau ardha matsyendrasana dapat melatih kelenturan tubuh terutama di bagian bahu, pinggang dan leher, serta memperlancar saluran cerna serta menstimulasi kerja ginjal dan hati. Latihan ini juga dapat mengurangi stres.

Caranya, ambil posisi duduk dengan kaki kanan ditekuk ke atas dan kaki kiri ditekuk di bagian bawah. Kemudian letakkan kaki kanan di sebelah kiri lutut kiri dan tangan di sisi samping tubuh. Tahan selama satu menit dan lakukan pada sisi tubuh sebaliknya.

3. Bridge pose
Setubandha alias bridge pose dapat mewujudkan impian kamu yang ingin punya bokong indah.

Gerakannya dimulai dari berbaring kemudian menekuk lutut serta mengangkat bokong ke atas. Posisikan kedua tangan di sisi samping tubuh kemudian tahan selama 30 detik sampai 1 menit.

Selanjutnya: Warrior II Pose
<!--more-->
4. Warrior II pose
Virabhadrasana II atau warrior II dilakukan dalam posisi berdiri. Tekuk kaki kiri sebanyak 90 derajat sementara kaki kanan lurus ke belakang.

Rentangkan tangan. Tahan selama 1 menit dan lakukan pada sisi sebaliknya. Gerakan ini bermanfaat untuk memperkuat otot paha dan bokong serta mencegah sakit punggung.

5. Tree pose
Tree pose atau vrksasana salah satu pose yoga yang cukup sering dilakukan. Diawali berdiri tegak, kaki kanan ditekuk ke dalam kemudian bertumpu pada pangkal paha kaki kiri.

Sementara kedua tangan disatukan di depan dada seperti bertapa. Lakukan selama 30 detik sampai 1 menit untuk melatih keseimbangan, fokus, konsentrasi, dan kekuatan kaki.

6. Pigeon pose
Pigeon pose atau eka pada rajakapotasana berguna mengembalikan fleksibilitas otot pinggul yang kaku karena duduk terlalu lama. Awali dengan posisi merangkak serta jadikan kedua tangan dan kaki sebagai tumpuan.

Tekuk kaki kiri ke depan dan kaki kanan diluruskan ke belakang. Turunkan pinggul ke lantai sementara kedua tangan diletakkan di samping. Lakukan selama 30 detik sampai 1 menit dan ulangi pada kaki sebaliknya.

AURA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT