Bingung Memulai Pertemanan dengan Si Pemalu, Coba 7 Tips Ini
TEMPO.CO | 05/10/2018 21:31
Ilustrasi pasangan saling bertatapan. shutterstock.com
Ilustrasi pasangan saling bertatapan. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Banyak orang yang pemalu dan sikap mereka sering disalahpahami oleh orang lain. Orang yang pemalu cenderung introvert dan sering mengalami krisis kepercayaan diri saat ingin memulai pertemanan. Mereka cenderung lebih sensitif dan berhati-hati dalam situasi sosial.

Meski begitu, adalah suatu kesalahan besar untuk menganggap mereka tidak ramah, tidak tertarik untuk berteman atau bergaul, dan acuh tak acuh kepada orang lain. Mereka hanya tidak berani untuk memulai pertemanan. Berikut adalah tujuh tips memulai pertemanan dengan seseorang yang pemalu, seperti dilansir allwomenstalk.

Tips lain:
Tips Agar Makeup Tahan Lama saat Aktivitas Padat
Tips Makeup agar Wajah Tampak Lebih Muda

#Pendekatan secara pribadi.
Jika ingin berteman dengan seseorang yang benar-benar pemalu, hal pertama dan paling penting yang harus dilakukan adalah mendekatinya seorang diri. Jika Anda mendekati si pemalu dengan membawa rombongan teman, hal itu dapat menyebabkan tekanan sosial yang berat bagi si pemalu. Dia mungkin akan merasa tidak nyaman atau bahkan semakin merasa malu.

#Bicara dengan sopan dan lembut
Bila ingin mendekati orang yang pemalu, maka jangan berbicara terlalu keras dan terlalu kasar karena itu mungkin akan membuatnya merasa tidak nyaman. Cobalah untuk selalu berbicara dengan sopan dan lembut agar tidak menakuti mereka.

#Berbicara dan berbagi minat yang sama
Orang yang pemalu biasanya merasa lebih nyaman untuk berbicara dan berbagi cerita kepada orang-orang yang memiliki minat atau menghadapi masalah yang sama seperti dia. Karenanya, pilihlah topik pembicaraan yang mana Anda berdua bisa bahas bersama dan nyambung.

#Peka
Jika ingin menjalin hubungan dengan seorang yang pemalu, cobalah untuk selalu peka terhadap perasaannya. Jika Anda mengajukan suatu pertanyaan yang bersifat spesifik dan melihat reaksinya seperti enggan untuk menjawab, segera ubah topik pembicaraan ke yang lebih nyaman untuk dibahas.

Baca juga:
6 Tips agar Wawancara Kerja Sukses
Tips Cantik saat Beraktivitas di Luar Ruangan, Pilih Lipstik Nude

#Teliti memilih kata
Ketika berbicara dengan seorang yang pemalu, cobalah untuk menghindari lelucon pribadi dan pernyataan yang bisa membuatnya merasa tidak nyaman. Bisa saja lelucon atau pernyataan Anda terasa menghina buatnya meskipun Anda tidak bermaksud menyakiti perasaannya.

#Awali dengan obrolan singkat
Orang yang pemalu umumnya sangat berhati-hati saat ingin memulai pertemanan. Di awal pertemanan, sebaiknya ajak dia mengobrol secara singkat saja dan biarkan beradaptasi terlebih dulu. Anda bisa mengajaknya mengobrol panjang lebar setelah sudah saling mengenal lebih dalam. Pastikan Anda membiarkan percakapan terjadi secara alami.

#Jangan membuatnya tak nyaman
Ketika Anda berbicara dengan orang yang pemalu, cobalah untuk tidak melakukan hal yang bisa membuatnya keluar dari zona nyaman karena itu bisa membuatnya kehilangan kepercayaan terhadap Anda dan akhirnya mundur dari pertemanan. Lakukan pendekatan secara perlahan dan biarkan pertemanan terjadi secara alami karena jika tidak Anda mungkin malah membuat mereka merasa takut, malu, dan tidak nyaman.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT