Hari Batik, Kiat Pakai Batik untuk Milenial
TEMPO.CO | 02/10/2018 21:15
Peragaan busana dalam acara Festival Betawi 2018 di Gedung Smesco dan memberi kesempatan pengunjung untuk membatik. Kamis, 31 Mei 2018. Maria Fransisca.
Peragaan busana dalam acara Festival Betawi 2018 di Gedung Smesco dan memberi kesempatan pengunjung untuk membatik. Kamis, 31 Mei 2018. Maria Fransisca.

TEMPO.CO, Jakarta - Batik saat ini tidak hanya dikenakan untuk acara bersifat formal saja.

Baca juga: Hari Batik Nasional, Khusus Pria: Trik Tampil Chic dengan Batik

Pemakai batik juga tidak lagi didominasi oleh orang tua, anak-anak muda alias milenial pun mulai melirik batik sebagai busana sehari-hari.

Ada beberapa kiat menarik yang bisa diimplementasikan dalam mengenakan batik sebagai busana sehari-hari.

Model memperagakan koleksi Batik Indigo Alami dari Galeri Batik Jawa dalam Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF) 2018, Jakarta, 24 April 2018. Kain batik dikreasikan menjadi produk ready to wear dengan gaya lebih casual dan fresh yang menyasar generasi muda. TEMPO/Nurdiansah
Misalnya dengan memadupadankan batik dengan celana jins agar penampilan terlihat casual.

"Bisa pakai kemeja batik dengan celana jin terlihat casual, chic tapi masih keren dan etnik Indonesia," ucap desainer Ella V. Brizadly saat dihubungi Antara, Selasa.

Selain itu, bagi perempuan yang mengenakan dress batik juga bisa dipadukan dengan sneakers untuk membuat penampilan berbeda dan terlihat lebih unik.

"Bisa juga pakai crop pant atau pakai dress batik tapi bawahnya pakai sneakerskan lebih unik buat anak muda," jelas Ella V. Brizadly.

Baca juga: Hari Batik Nasional, Intip Batik Warisan Para Wali Songo

REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT