Hari Batik Nasional, Ridwan Kamil Pamerkan Desain Batik Karyanya
TEMPO.CO | 02/10/2018 07:30
Pegadang Pasar Klewer mengikuti peragaan busana batik di depan pasar setempat, Solo, Jawa Tengah, 2 Oktober 2017. Peragaan busana tersebut digelar untuk memperingati Hari Batik Nasional sekaligus mengenalkan potensi ekonomi rakyat serta terus meningkatkan
Pegadang Pasar Klewer mengikuti peragaan busana batik di depan pasar setempat, Solo, Jawa Tengah, 2 Oktober 2017. Peragaan busana tersebut digelar untuk memperingati Hari Batik Nasional sekaligus mengenalkan potensi ekonomi rakyat serta terus meningkatkan kunjungan di Pasar Klewer. ANTARA FOTO

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil mengajak masyarakat untuk ikut dalam memperingati Hari Batik Nasional yang berlangsung pada 2 Oktober. "BESOK HARI BATIK NASIONAL. Tanggal 2 Oktober. Mari warga Jawa Barat dan netizen yang cinta budaya Indonesia, untuk memakai batik besok seharian," tulis Ridwan Kamil dalam unggahannya pada 1 Oktober 2018.

Baca: Hari Batik, Tips Mencuci Batik Jika Tak Tahan Bau Lerak

Dalam foto di Instagramnya pun kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, memamerkan desain batik yang dibuatnya. Ia memberinya nama 'Garuda Kujang Kencana'.

Kang Emil yang memang pandai berkelakar kepada netizen menjanjikan diskon 20 persen kepada masyarakat yang hendak membeli desain batik karyanya di @batikkomar. "Dapatkan diskon 20 persen jika bisa menyebut nama saya 3 kali sambil koprol," katanya.

Mantan Walikota Bandung ini juga berjanji selama kepemimpinannya 5 tahun ke depan, desa-desa batik akan dimunculkan di seluruh Jawa Barat sebagai solusi ekonomi 1 desa 1 perusahaan. "Dan setiap kita, saya kira bisa menjadi desainer batik. Hatur Nuhun," katanya.

Hari Batik Nasional diperingati pada 2 Oktober 2018. Menjelang peringatan itu, beredar imbauan agar masyarakat menggunakan baju batik pada 2 Oktober 2018 di berbagai grup media sosial.

Baca: Hari Batik Nasional, Indonesia Jadi Kiblat Busana Etnik Dunia?

Dalam ajakannya, masyarakat diminta menggunakan batik pada Hari Batik Nasional untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. "Please spread the words! Let's color Indonesia with BATIK!" Pesan itu artinya Sebarkan, mari warnai Indonesia dengan BATIK!

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT