Standar Kecantikan Wanita Kini, dari Kate Moss ke Kim Kardashian
TEMPO.CO | 01/10/2018 09:31
Kim Kardashian. Instagram.com
Kim Kardashian. Instagram.com

TEMPO.CO, Jakarta - Setiap tempat, kota, daerah, negara, memiliki standar kecantikan masing-masing. Namun selalu ada standar kecantikan yang paling populer di dunia. Biasanya, standar kecantikan wanita mengikuti wanita-wanita yang sering tampil di Hollywood.

Baca juga: Wanita Indonesia Perawatan Kecantikan Sejak Usia 13 Tahun

Meski begitu, standar kecantikan secara keseluruhan juga berubah dari tahun ke tahun. Penampilan yang dianggap paling cantik dulu, mungkin sudah tidak dianggap cantik lagi sekarang. Tara de Thouars, Psikolog Klinis di RSJ Sanatorium Dharmawangsa, menjelaskan saat ingin merasa cantik, biasanya kita akan memiliki inspirasi.

Seseorang cenderung akan membandingkan dirinya dengan orang lain, terutama yang seringkali tampil di media atau para figur publik. “Cantik itu sebenarnya berubah, setiap zaman punya standar kecantikan masing-masing,” ujar Tara de Thouars, di Jakarta Eastern Opulence, Jakarta Selatan, Selasa 25 September 2018.

Kate Moss. REUTERS

Perbedaan standar kecantikan 10-20 tahun yang lalu dengan sekarang juga cukup signifikan. Tara menjelaskan kalau sebelumnya, wanita seperti model Kate Moss yang kurus dan tinggi akan lebih dianggap cantik. Sekarang, wanita seperti Kim Kardashian yang memiliki tubuh lebih berisi dan bibir tebal menjadi standar kecantikan baru.

Tara menambahkan perubahan standar kecantikan wanita juga disebabkan oleh lebih banyaknya ragam kecantikan wanita yang ditampilkan di televisi, media sosial, dan sebagainya. “Standar kecantikan yang lebih beragam yang ditampilkan mengubah standar kecantikan di dunia ini menjadi lebih luas lagi,” lanjut Tara. Karena itu, wanita yang ditampilkan di iklan, televisi, media sosial, sebaiknya memiliki wajah, tinggi, bentuk badan, yang beragam. Dengan hal tersebut, semakin banyak wanita akan merasa lebih percaya diri dan standar kecantikan juga akan menjadi lebih beragam.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT