5 Tips Jitu Memilih Komunitas di Era Digital
TEMPO.CO | 30/09/2018 10:38
Dalam foto 12 Juli 2018 ini, anak-anak bekerja pada program digital di Coby Preschool di Yoshikawa, pinggiran kota Tokyo, untuk tugas menggambar pada iPad. Bagi anak-anak, hal ini berarti bersenang-senang. Program pra-sekolah Jepang yang dilengkapi dengan
Dalam foto 12 Juli 2018 ini, anak-anak bekerja pada program digital di Coby Preschool di Yoshikawa, pinggiran kota Tokyo, untuk tugas menggambar pada iPad. Bagi anak-anak, hal ini berarti bersenang-senang. Program pra-sekolah Jepang yang dilengkapi dengan komputer tablet untuk mempersiapkan anak-anak untuk era digital. (AP Photo / Yuri Kageyama)

TEMPO.CO, Jakarta - Sebagai makhluk sosial, manusia secara alami pasti akan berkelompok atas dasar kedekatan secara fisik maupun kesamaan. Interaksi yang terjadi dalam kelompok tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar seseorang dalam mengatasi permasalahan sehari-hari. Namun, belum tentu apa yang berhasil diterapkan oleh satu orang, berhasil juga diterapkan oleh orang lain. Oleh karena itu, di era digital seseorang perlu pintar dalam memilih komunitas agar informasi yang diterima bukan sekadar opini dan pengalaman orang lain, tetapi juga solusi yang didasari penelitian dari ahlinya.

Baca: Sambut Era Digital, PAUD Jepang Pakai Tablet untuk Belajar

Nadya Pramesrani, psikolog keluarga dan pernikahan dari Rumah Dandelion, mengatakan dalam memilih komunitas ada lima hal yang perlu diperhatikan.

“Pertama, pilihlah komunitas yang memiliki nilai keyakinan dan minat yang sama dengan yang Anda miliki,” katanya kepada Bisnis, belum lama ini.

Kedua, pilih komunitas yang memiliki keterikatan sosial yang ditandai dengan hubungan interpersonal yang nyaman dan menyenangkan. Ketiga, cari komunitas yang memberikan wadah saling berbagi untuk para anggotanya.

Baca: INAC 2018: Iklan Native, Alternatif Pemasaran Digital Masa Depan

Keempat, anggota komunitas berada dalam area yang berdekatan atau accessible terhadap satu sama lain. Terakhir, diversifikasi anggota untuk memperkaya pengalaman belajar.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT