Rekomendasi Wisata Alam di Lampung yang Jadi Pilihan
TERASLAMPUNG.COM | 19/02/2022 11:59
Rekomendasi Wisata Alam di Lampung yang Jadi Pilihan
Pelabuhan nelayan berlatar Krakatau View sebuah objek untuk berswafoto di Pantai Sari Ringgung, Pesawaran, Lampung. TEMPO/Parliza Hendrawan

TERASLAMPUNG.COM — Lampung adalah sebuah provinsi yang terletak di Pulau Sumatera dengan ibukota Bandar Lampung. Daerah ini sekarang dikenal sebagai sebuah kawasan dengan kultur yang beragam. Tidak heran jika Lampung dipilih menjadi salah satu tujuan utama wisatawan dan keluarga-keluarga yang ingin pergi berlibur.

Lampung memiliki banyak tempat wisata yang dibuka untuk umum. Tidak hanya itu, Lampung juga terkenal sebagai area khusus pencinta snorkeling dan diving karena pantai-pantai yang begitu indah.

Jika Anda sedang merencanakan liburan bersama dengan keluarga dan kerabat dekat, Lampung memiliki berbagai jenis aktivitas di berbagai tempat wisata. Mulai dari pulau, pantai, hingga taman nasional, Anda dipastikan akan pulang dengan puas dan senang.

Untuk memastikan liburan Anda penuh dengan aktivitas dan tempat-tempat menarik, berikut adalah daftar destinasi yang harus dikunjungi saat datang ke Lampung.

Way Kambas

Konservasi badak Sumatera di Taman Nasional Way Kambas.

Anda pasti sudah pernah mendengar tempat yang terkenal satu ini. Tidak sedikit yang datang ke Lampung secara khusus untuk mendatangi Way Kambas yang mempesona, tempat di mana Anda bisa melihat gajah berkeliaran dengan bebas. Taman Nasional Way Kambas merupakan tempat konservasi gajah Sumatera yang dilindungi, dijaga, dan disayang, dengan bantuan para profesional.

Pantai Mutun

Pantai Mutun. Foto: pesawarankab.go.id

Terletak di Teluk Betung, Bandar Lampung, Pantai Mutun menjadi destinasi wisata keluarga yang dilengkapi berbagai jenis aktivitas. Wisatawan dapat menikmati indahnya santai di tepi pantai atau menyewa banana boat untuk bermain di laut. Dengan letaknya yang tidak jauh dari pusat kota, pantai ini menjadi tujuan populer oleh para penduduk lokal. Walaupun terbilang ramai, Pantai Mutun memiliki fasilitas yang lengkap untuk dijadikan sebagai tujuan berlibur bersama keluarga.

Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu di di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Foto: indonesia.go.id

Sesuai dengan namanya, Pantai Gigi Hiu memiliki keunikan tersendiri berupa batu-batu yang berdiri berderet layaknya deretan gigi hiu yang tajam. Mulai dari ketinggian 1 hingga 10 meter, tebing Gigi Hiu tersusun dari bebatuan tinggi yang bervariasi lebar dan ukurannya. Tempat ini kerap dijadikan sebagai spot untuk melakukan sesi photoshoot dengan bebatuan pantai sebagai latar belakangnya.

Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau. Foto: teraslampung.com

Anak Krakatau adalah gunung hasil letusan Krakatau yang besar pada tahun 1883 lalu. Meskipun dinamakan “Anak”, gunung ini memiliki yang jauh lebih besar dari yang Anda bayangkan. Mendaki ke puncak Anak Krakatau akan menjadi pilihan yang baik sebab pemandangan dari atas terlihat begitu indah.

Anda bisa menjadikan pengalaman mendaki Anda sebagai kenangan yang indah untuk difoto dengan menggunakan kamera. Namun, cek terlebih dulu untuk kondisi anak gunung sebelum memutuskan untuk mendaki, ya.

Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung. Foto: pesisir.net

Terletak sekitar 40 menit dari Bandar Lampung, Pantai Sari Ringgung menjadi salah satu tujuan populer di kalangan penduduk lokal dan turis yang datang ke Lampung. Pantai ini adalah tempat terbaik jika Anda senang melakukan aktivitas olahraga air yang mengasyikkan bersama dengan keluarga.

Ditambah dengan matahari yang terlihat bersinar lebih terang dibandingkan tempat lain, pantai ini wajib untuk Anda kunjungi. Tidak hanya itu, Pantai Sari Ringgung juga menawarkan berbagai jenis aktivitas seru yang bisa dilakukan, seperti kano, speed boatbanana boat, dan snorkeling.

Pulau Pahawang

Pantai Pulau Pahawang yang eksotis (Foto: Arief Nugroho).

Lokasinya di bagian Selatan Lampung, Pulau Pahawang bisa dianggap sebagai surga untuk para pencinta snorkeling. Pulau ini merupakan tempat terbaik untuk bagi pemandangan bawah laut yang luar biasa.

Dikenal sebagai kawasan konservasi ikan badut, para wisatawan dapat melihat ikan ini tinggal di habitat aslinya. Entah itu Pahawang Kecil atau Pahawang Besar, mengunjungi Pulau Pahawang akan selalu pilihan yang tepat untuk melihat pantai yang indah, air dengan warna biru kehijauan yang jernih, dan pasir dengan warna putih susu.

Danau Ranau

Danau Ranau di Lampung Barat. Foto: Teraslampung.com

Berdasarkan cerita penduduk yang beredar sampai saat ini, Danau Ranau terbentuk dari peristiwa gempa bumi dan juga letusan Gunung Seminung. Letusan tersebut membentuk sebuah kawah besar yang berisikan air dari sungai terdekat.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di sekitar danau, seperti duduk-duduk di gazebo kecil atau menikmati menu ikan bakar yang bisa Anda pesan dari restoran di tepi danau. Secangkir kopi atau teh di sore hari sambil memandangi Danau Ranau yang memesona juga merupakan ide yang bagus untuk menikmati waktu bersama teman-teman.

teraslampung.com


BERITA TERKAIT