• Di Festival Krakatau 2019, Wagub Lampung dan ratusan warga menyaksikan keindahan di Gunung Anak Krakatau
  • Staf Ahli Kementerian Pariwisata tentang Festival Krakatau 2019: Wisata Lampung Tumbuh Tinggi
  • Festival Krakatau 2019 telah resmi dibuka dengan pemukulan alat musik tradisional Lampung, cetik
  • Festival Krakatau dimulai, dari parade budaya hingga keliling Gunung Anak Krakatau.
  • Toga mahasiswa UGM ini berhasil menciptakan aplikasi deteksi jardiovaskular pada pasien diabetes.
  • Plt Direktur RSU Ryacudu Syah Indra Husada Lubis mengatakan yang terjadi antara dokter dan orang tua pasien adalah salah komunikasi.
  • Orang tua pasien di RSU Ryacudu Kotabumi Lampung Utara memprotes operasi ambeien yang dilakukan terhadap putranya.
  • TERASLAMPUNG.COM--Klinik kecantikan Oriskin resmi buka cabang di Lampung. Cabang ke-32 di seluruh Indonesia ini berpusat di kompleks ruko Transmart Nomor 28-29, Jalan Sultan Agung, Way Halim. Untuk di Sumatera, ini adalah cabang ke-6.

    Direktur Operasional Oriskin Reski Mayangkoro saat konferensi pers saat peluncuran, Sabtu, 15/12/2018, mengatakan, klinik ini menghadirkan pelayanan yang prima untuk wanita dan pria. Ia menjamin semua perlakuan atau treatment sesuai dengan standar internasional.

    Untuk memanjakan pelanggan, Oriskin, kata Reski, memberikan diskon sampai dengan 50 persen untuk semua treatment.
    "Diskon akan berlangsung sampai hari Minggu besok, 16 Desember 2018," kata Reski yang dalam konferensi pers ditemani District Doctor Oriskin dr Grace Dirgahayu dan Head of Marketing Oriskin Eric Halim.

    Reskimengatakan , Oriskin menyasar pangsa pasar premium dan kelas menengah. Meski demikian, ia menjamin, harga yang ditawarkan cukup bersaing dengan pelayanan yang bermutu tinggi.

    "Kami tidak memublikasikan harga. Sebab, sebelum treatment, ada konsultasi dokter yang menjadi pijakan kami dalam melakukan perawatan dan servis kepada pelanggan," kata Reski.

    Reski menganjurkan kepada calon pelanggan untuk langsung datang.
    "Silakan ke Oriskin Lampung di ruko Transmart. Pelayanan kami prima dengan terapis dan dokter yang tersertifikasi," kata Reski.

    The post Klinik Kecantikan Oriskin Resmi Buka di Lampung appeared first on Teras Lampung.

  • Melalui sepedanya, Dony bocah kelas 3 SD membangun perpustakaan keliling yang ia beri nama BMX Pustaka
  • TERASLAMPUNG.COM—SNV (Netherland Development Organisation) dan Pemprov Lampung  bekerjasama dengan Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) dan Mitra Bentala melalui program voice For Change Partership (V4CP) dan water sanitationdan Hygiene for Sustainable Development Goals (WASH SDGs) berkolaborasi menyelenggarakan Lampung Sanitation Week.

    Menurut Direktur Eksekutif YKWS Febrilia Ekawati,Lampung Sanitation Week merupakan rangkaian kegiatan hari sanitasi sedunia yang akan berlangsung dari 19-25 November 2018,  bertujuan  untuk meningkatkan peran para anak muda khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk lebih peduli terhadap sanitasi di Provinsi Lampung .

    Acara ini akan dimulai dengan kegiatan Sanitation Goes to Campus di STMIK Pringsewu pada 19 November2018,Learning Event terkait pencapaian target universal akses sanitasi 2019 diProvinsi Lampung dari  15 kabupaten/kota, yang akan dilaksanakan pada 21-22 November 2018.

    Febrilia Ekawati menjelaskan persoalan sanitasi sepatutnya menjadi isu yang menjadi perhatian bagi seluruh elemen pemerintah dan lapisan masyarakat. Sebab, sanitasi menjadi lingkungan terdekat yang seharusnya paling utama untuk dibangun dengan terbaik

    "Berdasarkan data ,akses sanitasi dari tahun 2012  hingga November tahun   ini capaian akses sanitasi di Lampung baru 84,43%.(Smart STBM), bahkan di Lampung ada empat kabupaten dengan akses sanitasi terendah, yaitu Tulangbawang Barat (55,11%), Mesuji (72,83%), Pesawaran (81,99%), dan Lampung Timur (82,03%)," katanya.dalam Konpres yang digelar di Resto Cikwo, Rabu (14/11/2018).

    Dengan demikian kesadaran kepedulian sanitasi yang sehat harus perlu terus ditingkatkan dengan partisipasi seluruh pihak. Hal itu dilakukan dengan akan digelarnya sanitasi goes to campus di STMIK Pringsewu. Diharapkan, status Pringsewu yang 100% memiliki akses sanitasi sehat dapat melahirkan kepedulian masyarakat untuk ditularkan kepada kabupaten/kota lainnya.

    Direktur Eksekutif Mitra Bentala Lampung, Mashabi mengatakan dalam rangkaian Lampung Sanitation Week akan ada pula kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada siswa SD di Bandar Lampung, Metro, dan Lampung Selatan ditanggal 23-25 November. "Setiap sekolah minimal mempunyai sarana CTPS, sehingga menciptakan lingkungan sekolah yang sehat," katanya.

    “Pengaruh cuci tangan pakai sabun bisa kurangi sakit diare 47 persen sehingga akses mendapatkan pendidikan tidak akan terpengaruh oleh prilaku hidup sehat..Direncanakan akan diikutioleh ratusan siswa sekolah yang ada di Lampung Selatan pada 23 November.” (Mas Alina Arifin)

     

     

    The post SNV , YKWS dan Mitra Bentala Kolaborasi Gelar Lampung Sanitation Week appeared first on Teras Lampung.

  • TERASLAMPUNG.COM -- Ikatan Perempuan Positif Indonesia (IPPI) Lampung mengajak para pemangku kepentingan (stakeholder) untuk mencegah penularan virus HIV pada perempuan dan anak.

    Ketua IPPI Lampung, Ade Komariah, mengatakan ibu rumah tangga dan anak banyak menjadi tertular dari suaminya yang beresiko.

    "Penularan yang tidak disadari oleh perempuan dari pasangannya juga berdampak pada janin yang ada dalam kandungannya," kata Ade Komariah pada Rabu (7/11).

    Data yang terhimpun penyebaran HIV pada ibu rumah tangga mencapai 1.200 pasien yang terperiksa di Rumah Sakit Abdul Moeloek sedangkan pada anak mencapai 60 orang. Angka tersebut justru lebih kecil sebarannya di kalangan populasi kunci.

    Data terus bertambah setiap tahunnya.Dalam pencegahan dan penanganannya tidak bisa dilakukan oleh IPPI sendiri atau lembaga Orang dengan HIV (ODHA) lainnya atau bahkan dibebankan sepenuhnya pada pihak kesehatan saja.

    "Karena itu, kami menggandeng dari berbagai lembaga lainnya untuk saling bersinergi mengurai permasalahan ini," kata dia lagi.

    Selain pihak kesehatan dan tenaga medis, dia juga mengajak lembaga masyarakat yang concern terhadap masalah perempuan dan anak seperti PUSPA Lampung, DAMAR, PKBI Lampung, Dinas PP-PA Provinsi Lampung, Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung dan unsur lainnya.

    Dalam pertemuan tersebut, terungkap bahwa masing-masing pihak sebenarnya memiliki program yang beririsan yang menyasar pada perempuan dan anak khususnya masalah hak kesehatan seksual reproduksi.

    Karenanya, kegiatan pertemuan itu menyepakati untuk saling bersinergi dalam program pencegahan penyebaran HIV baru.

    Sebelumnya IPPI Nasional menggelar pelatihan fasilitator "Petualangan Arumi" buku tersebut sebagai petunjuk pencegahan penularan HIV pada Ibu dan Anak (PPIA) dan hak kesehatan seksual reproduksi (HKSR).

    Kegiatan tersebut melibatkan tenaga medis, anggota IPPI sendiri dan lembaga masyarakat.

    Buku PPIA sebagai pedoman pencegahan, penanganan serta dukungan dari masyarakat dan tenaga medis dalam rangka menekan laju penularan HIV menumbuhkan kesadaran seksual pada perempuan.

    "Karena sebenarnya, menularkan virus atau penyakit menular tanpa dikehendaki adalah bentuk dari kekerasan," katanya.

    RL

    The post IPPI Ajak Pemangku Kepentingan Cegah Penularan HIV pada Perempuan dan Anak appeared first on Teras Lampung.

  • TERASLAMPUNG.COM -- Mungkinkah perokok berat yang kecanduan nikotin bisa berhenti merokok? Menurut Ketua Koalisi Bebas TAR (Kabar) dan Peneliti Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP) Indonesia, drg.Amaliya, sangat mungkin dilakukan.

    Namun, acapkali niat berhenti merokok itu terbentur beberapa persyaratan dari diri perokok. Mungkin tidak bisa atau tidak mau berhenti merokok secara langsung. Mungkin ingin berhenti merokok tanpa harus mengurangi nikotin. Mungkin tidak siap berhenti merokok, tapi ingin mengurangi jumlah rokoknya.

    “Perlu ada metode yang tepat secara bertahap. Karena mengubah perilaku tak bisa secepatnya,” kata Amaliya dalam Diskusi Publik Produk Tembakau Alternatif dalam Perspektif Kesehatan dan Hukum di UC Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu, 31 Oktober 2018.

    Metode yang dinilai tepat adalah melalui pengurangan risiko tembakau atau Tobacco Harm Reduction (THR). Tujuannya untuk meminimalkan dampak buruk penggunaan produk tembakau terhadap kesehatan. Fokus tindakan THR adalah mengurangi atau menghilangkan penggunaan tembakau yang dibakar dan menggantinya dengan produk nikotin lainnya. Mengingat tar hasil pembakaran tembakau rokok lebih berbahaya daripada nikotin.

    Sejumlah alat Vaping atau rokok elektrik yang ditawarkan bagi para pengunjung yang singgah di kafe Henley Vaporium di SoHo, New York, (20/2). Pada Vaping terdapat cairan nikotin rendah yang digunakan untuk memproduksi aroma dan uap layaknya rokok sebenarnya. (AP Photo/Frank Franklin II)

    “Jadi upaya THR adalah beralih ke produk tembakau alternatif yang rendah risiko,” kata Amaliya.

    Produk tembakau alternatif itu meliputi Nicotine Replacement Theraphy (NRT), seperti nicotine patch atau nikotin yang ditempelkan di kulit seperti koyok, nicotin gum atau permen karet, inhaler berupa nikoten yang dihirup lewat hidung, nasal spray berupa nikotin yang disemprotkan dalam mulut, juga Lozenge. Kemudian produk tembakau tanpa asap (snus) dan produk tembakau organic yang tidak dibakar, tetapi dipanaskan (heat not burn). Serta produk Electronics Nicotine Delivery Systems (ENDS), seperti rokok elektrik.

    Sementara Lembaga penelitian di bawah Kementerian Federal Pangan dan Pertanian Pemerintah Federal Jerman, German Federal Institute for Risk Assessment (BfR) melakukan penelitian independen yang didanai secara mandiri pada 2003. Penelitian itu mengenai potensi berkurangnya risiko kesehatan dari produk tembakau yang dipanaskan daripada yang dibakar. Hasilnya, tingkat toksisitas atau tingkat sel yang merusak pada produk tembakau yang dipanaskan lebih rendah ketimbang tembakau yang dibakar. Tingkat toksisitas tembakau yang dipanaskan hanya 1-10 persen, sedangkan tembakau yang dibakar atau rokok konvensional mencapai 80-99 persen.

    “Solusi lewat produk tembakau alternatif ini sudah diterapkan di Inggris sebagai negara maju. Dan jumlah perokoknya turun,” kata Amaliya.

    Berdasarkan data badan kesehatan di bawah naungan Kementerian Kesehatan Inggris, Public Health England merilis penurunan tertinggi jumlah perokok pada 2017 sebanyak 20 ribu orang dari sebelumnya 15,5 persen dari total populasi pada 2016. Berbanding terbalik dengan Indonesia sebagai negara berkembang yang sama-sama mempunyai persoalan tentang jumlah perokok yang besar. Berdasarkan data Atlas Pengendalian Tembakau di ASEAN, jumlah perokok di Indonesia mencapai 35 persen atau 75 juta jiwa dari total populasi. Angka tersebut menggiring Indonesia menduduki peringkat ketiga perokok terbanyak setelah Cina dan India. Sementara hasil Riset Kesehatan dasar Kementerian Kesehatan pada 2013, DI Yogyakarta masuk 15 besar perokok terbanyak, yaitu 31,6 persen dari total populasi. Posisi teratas masih diduduki DKI Jakarta.

    “Perokok di negara berkembang lebih banyak daripada negara maju,” kata Dewan Penasehat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI) Jawa Barat, dokter Ardini Raksananagara.

    Meski demikian, Ardini tetap mengingatkan, bahwa metode pengurangan risiko tembakau hanya pilihan peralihan konsumsi rokok konvensional ke tembakau alternatif rendah risiko. Metode itu patut diperhitungkan karena potensi manfaatnya bagi perokok yang kesulitan berhenti merokok.

    “Tapi berhenti merokok tetap jalan terbaik,” kata Ardini.

    Tempo.co

    The post Mungkinkah Perokok Berat Bisa Berhenti Merokok? Cek Solusinya appeared first on Teras Lampung.

  • Ilustrasi ibu hamil. shutterstock.com

    TERASLAMPUNG.COM -- Diabetes bisa tiba-tiba menyerang seorang ibu yang sedang mengandung. Sebab, wanita hamil mengalami banyak perubahan dalam dirinya. Diabetes yang ‘hinggap’ pada ibu hamil disebut diabetes gestational. Salah satu faktor risiko pemicu diabetes dalam kehamilan itu adalah usia saat hamil yang lebih tua.

    Dokter spesialis penyakit dalam Wismandari, mengatakan bahwa secara umum, fungsi organ tubuh itu menurun seiring bertambahnya usia. Apalagi, ketika memasuki usia di atas 30 tahun. “Misalnya saja, sejak muda, dia gemuk. Sebenarnya, kemungkinan dia sudah ada resistensi insulin. Tapi, hal tersebut belum terlihat karena jarang orang usia 20 tahun memeriksa insulin mereka,” ujarnya saat ditemui dalam Small Group Media Discussion RSPI “Diabetes dan Kehamilan” di Jakarta, Kamis, 26 Oktober 2018.

    Wismandari melanjutkan, resistensi insulin adalah keadaan sel tubuh yang tidak dapat merespon hormon insulin dengan baik. “Resistensi insulin ini diibaratkan jika normalnya satu gula memerlukan satu insulin, tapi satu gula kini memerlukan dua insulin. Artinya, kadar gula darah semakin meningkat dan hal itu menyebabkan diabetes,” ungkap dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta.

    Diabetes dalam kehamilan dapat berisiko terhadap Ibu dan anak, seperti cacat kongenital (cacat bawaan lahir) pada bayi, bayi terlahir besar, ibu mengalami perdarahan saat melahirkan hingga keguguran. Kendati begitu, perempuan dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2 dapat hamil sehat.

    Ia pun memberikan saran mengenai antisipasi terhadap risiko-risiko merugikan tersebut.

    “Pengendalian gula darah saat hamil itu sangatlah penting. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa glukosa diabetes saat kehamilan 24-28 minggu,” kata Wismandari.

    Alumnus kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini juga memaparkan bahwa sebaiknya perempuan yang memiliki diabetes sebelum hamil melakukan skrining, seperti mata, ginjal, jantung, dan sebagainya.

    “Penting pula untuk menjaga diet. Terapkan gizi seimbang, ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral,” tandas Wismandari.

    Tempo.co

    The post Risiko Hamil di Atas 30 Tahun, Awas Diabetes appeared first on Teras Lampung.

  • TERASLAMPUNG.COM -- Satu lagi berdiri Fasilitas Kesehatan (faskes) bagi warga Kedaton, Bandarlampung, yaitu Klinik Advent. Klinik Advent diresmikan oleh Walikota Herman HN Rabu (10/10) dan walikota meminta klinik tersebut melayani masyarakat dengan baik.

    “Saya minta para dokter dan perawat yang bertugas untuk melayani dengan baik masyarakat yang akan berobat,” harapnya.

    Herman HN juga meminta tambahan waktu buka yang sebelumnya dari jam delapan hingga empat sore menjadi 12 jam kerja.

    “Saya minta klinik ini bukan hanya melayani pasien BPJS saja, tetapi juga pasien umum. Selain itu jam bukanya ditambah kalau bisa dari jam delapan pagi sampai delapan malam,” kata Herman HN.

    Ketua Yayasan Advent, Elon Manawan, menjelaskan pendirian klinik ini untuk memberikan pelayanan faskes pertama bagi karyawan Rumah Sakit Advent serta masyarakat Kedaton yang sudah menjadi anggota BPJS.

    “Ada 1.200 karyawan kami. Jika mereka sakit sebelum ke rumah sakit mereka harus ke faskes pertama untuk mendapat rujukan. Semua karyawan kami sudah dipindahkan faskes pertamanya ke klinik ini,” katanya.

    “Masyarakat umum juga bisa memanfaatkan klinik ini tinggal mengubah faskesnya ke BPJS dari puskes Ke klinik ini,” imbuhnya.

    Dandy Ibrahim

    The post Walikota Herman HN Resmikan Klinik Advent di Kedaton appeared first on Teras Lampung.

  • Teraslampung.com-- PT Hexpham Jaya (HJ)-- anak perusahaan PT Kalbe Farma Tbk -- menggelar HJ Learning Forum (HJLF) di Hotel Swissbell , Minggu (7/10/2018). Simposium dibuka oleh diuka oleh dr.Edwin Rusli MKM, Ketua PDUI Cabang Lampung yang juga Kepala Dinas Kesehatan Bandarlampung.

    Simposium yang dihadiri lebih dari 180 dokter umum dan spesialis dari Bandarlampung, Metro dan sekitarnya itu mengangkat tema "Clinik Management Talk Get Ready for JKN era".

    "HJ Learning Forum ini dilakukan dengan tujuan agar dokter dapat memahami management klinikaton pratama agar dapat mendukung program pemerintah, yaitu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Kegiatan ini bentuk kepedulian dan komitmen PT Hexphram Jaya meningkatkan Indonesia yang lebih sehat sesuai dengan misi PT Hexphram Jaya," ujar Heri Ihwani, General Business Manager PT Hexphram Jaya.

    Menurut Heri, program JKN telah memasuki tahun kelima dengan jumlah peserta lebih kurang 200juta warga.

    "HJLF secara konsisten sudah dilaksanakan sejak enam tahun lalu dienam kota, untuk tahun ini di tujuh kota, yaitu Banjarmasin, Makkasar, Bandung, Surabaya, Pekanbaru, Medan dan Bandarlampung.

    The post Jaminan Kesehatan Nasional, Ratusan Dokter Ikuti Simposium Manajemen Klinik appeared first on Teras Lampung.