Aurora Ribero Ungkap Kaitan Orang Tua Sibuk dan Anak Doyan Gadget
CANTIKA.COM | 02/02/2018 21:30
Aurora Ribero. Dok. Bentuk Management
Aurora Ribero. Dok. Bentuk Management

CANTIKA.COM, Jakarta - Jennifer Aurora Ribero menarik perhatian publik setelah sukses bermain dalam film perdananya, Susah Sinyal, garapan sutradara Ernest Prakasa. Film yang berhasil meraup 2 juta penonton itu menghadirkan sosok Aurora sebagai pemeran utama bersama Adinia Wirasti. Remaja yang baru berusia 13 tahun itu dinilai berhasil memainkan karakter remaja 17 tahun yang sangat milenial.

Sebagai pendatang baru, Aurora mengaku sempat kesulitan memerankan karakter Kiara, anak dari Ellen yang diperankan Adinia Wirasti. Aurora mengatakan ada kesamaan antara karakter yang dia perankan dan yang terjadi di kehidupan nyata. Dalam Susah Sinyal, Kiara digambarkan sebagai anak tunggal yang tinggal bersama ibunya yang sibuk bekerja. Sedangkan di kehidupan nyata, tutur Aurora, kesibukan ayahnya membuat mereka jarang memiliki waktu bersama.

Selain itu, sebagai anak generasi milenial, Aurora mengaku kerap kesal apabila tiba-tiba kehilangan sinyal telekomunikasi seluler. Hal yang sama dialami Kiara, yang kehidupannya tidak bisa terlepas dari gawai. “Aku dan Kiara sama-sama bete kalau enggak ada sinyal,” kata dia.

Aurora Ribero dan Adinia Wirasti dalam Film Susah Sinyal. Dok. Starvision

Tak hanya memiliki kesamaan soal urusan hilang sinyal, Aurora menilai konflik yang terjadi dalam film tersebut benar-benar terjadi di lingkungan sekitarnya. Menurut dia, banyak orang tua yang lebih sering menghabiskan waktu di luar rumah ketimbang bersama keluarga. Sebagai remaja yang dekat dengan teknologi, dia tidak memungkiri gawai akan dijadikan pelarian atas ketidakpedulian orang tua.

Dalam Film Susah Sinyal, Adinia digambarkan sebagai ibu yang tidak bisa terlepas dari pekerjaannya sebagai pengacara. Sedangkan Kiara sedang mencari dunianya sendiri lewat media sosial. Dalam kehidupan sehari-hari pun Aurora mengaku kerap menemukan kejadian serupa, di mana beberapa orang berada di meja makan, tapi mata, telinga, dan pikirannya tetap berfokus pada telepon seluler di tangan.

Sejumlah pemeran berfoto bersama dalam acara syukuran pencapaian dua juta penonton film Susah Sinyal, di Jakarta, 9 Januari 2018. Film itu bercerita tentang seorang ibu yang sangat peduli pada kariernya, tapi juga ingin menjadi ibu yang baik bagi anaknya. Film Susah Sinyal diperankan Adinia Wirasti, Ernest Prakasa, Aurora Ribero, Refal Hady, dan Valerie Thomas. TEMPO/Nurdiansah

Film tersebut, menurut Aurora, dapat dijadikan pelajaran bahwa waktu yang berkualitas untuk berkomunikasi tatap muka sangatlah berharga. “Komunikasi antara anak dan orang tua penting banget. Sesibuk apa pun mereka, ya kita harus bisa mengerti karena mereka bekerja untuk kita juga, kan,” ujar gadis kelahiran Semarang, 18 Mei 2004, ini.

Meski begitu, Aurora mengaku masih menggunakan gawai untuk menunjang kebutuhannya, seperti aplikasi pesan elektronik, panggilan telepon atau video, media sosial, dan mendengarkan musik. Apalagi, kata dia, sebagai anak tunggal, mau tidak mau ia kerap bercengkerama dengan keluarga dan teman-temannya lewat gawai.

REKOMENDASI BERITA