4 Buah yang Ampuh Redakan Radang Tenggorokan
CANTIKA.COM | 19/03/2019 15:56
4 Buah yang Ampuh Redakan Radang Tenggorokan

CANTIKA.COMJakarta - Saat mengalami radang tenggorokan, ada empat buah yang bisa dikonsumsi untuk membantu mengatasinya. 

Salah satu penyakit yang sering datang di musim penghujan adalah flu, batuk, dan juga radang tenggorokan. Kali ini, kita akan membahas tentang radang tenggorokan alias penyakit yang membuat penderitanya malas untuk makan karena kesulitan menelan akibat tenggorokan yang terasa sangat tidak nyaman dan juga sakit.

Radang tenggorokan ini biasanya disebabkan oleh makanan dan minuman yang dingin dan dikonsumsi secara terus menerus, ditambah dengan faktor cuaca, dan sistem imun tubuh yang sedang menurun. Radang tenggorokan menjadi salah satu penyakit yang kerap kali datang bersamaan dengan batuk.

Baca juga:
Alasan Anak Radang Tenggorokan Tak Selalu Harus Diberi Antibiotik
Beda Sakit dan Radang Tenggorokan, Cek Gejalanya

Buat yang sedang mengalami radang tenggorokan, berikut adalah buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi radang tenggorokan.

Ilustrasi pisang. REUTERS

#Pisang
Selain karena teksturnya yang lembut sehingga mudah untuk ditelan, buah pisang juga akan membantu proses penyembuhan radang tenggorokan karena mengandung vitamin B6, vitamin C, dan kalium yang tinggi.

Ilustrasi nanas (pixabay.com)

#Nanas
Nanas menjadi buah kedua yang baik untuk dikonsumsi saat sedang radang tenggorokan. Buah nanas mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga mampu mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
Nanas dapat dijadikan jus dan kemudian Anda bisa beristirahat selama kurang lebih 1 hingga 2 jam agar kandungan dalam buah nanas dapat bekerja dengan optimal.

Ilustrasi jeruk nipis. Wikipedia.org

#Jeruk nipis
Buah yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk para penderita radang tenggorokan. Jeruk nipis seringkali menjadi salah satu solusi yang diberikan untuk permasalahan radang tenggorokan karena mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu pemulihan daya tahan tubuh, mengurangi pembengkakan pada kelenjar tenggorokan, dan memberikan rasa lega pada tenggorokan. Cara mengkonsumsi jeruk nipis untuk mengatasi radang tenggorokan adalah dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan satu sendok makan madu murni, aduk hingga rata, lalu minum.

Ilustrasi belimbing. Pixabay.com/chrisad85

#Belimbing
Belimbing dapat mengurangi peradangan dan mengurangi sensasi panas yang timbul di dalam tenggorokan. Anda dapat mengonsumsi buah belimbing secara langsung atau dengan dijus.


BERITA TERKAIT