Misteri Batu Sanghyang Bongkok di Situs Astana Gede Kawali
KABARPRIANGAN.CO.ID | 08/04/2019 13:50
Misteri Batu Sanghyang Bongkok di Situs Astana Gede Kawali

KAWALI, ( KAPOL).-Bukan prasasti ataupun peninggalan sejarah pada jaman kerajaan dulu, batu ukuran besar yang berada di halaman situs budaya Astana Gede Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis ini, menurut cerita masyarakat sekitar punya kesitimewaan tersendiri.

Batu yang memiliki nama Sanghiyang Bongkoh atau ada juga warga sekitar yang menyebutnya, batu jubleg ( batu yang biasa digunakan patapakan rumah) ini konon tak bisa dihancurkan alias sangat kuat.

Batu yang terletak di pinggir lapang halaman Situs Astana Gede Kawali ini, ditemukan sekitar tahun 2008 lalau, pada saat pemerintah desa setempat membuat lapang sepak bola.

BACA JUGA: Pocong Maskot Suporter PSGC Ciamis Tutup Usia

Saat pembanguan lapang sepak bola tersebut, menurut cerita yang berkembang sempat ada warga yang mencoba menghancurkan batu itu, sampai menggunakan alat berat.

Namun usahanya sia sia, batu tersebut tak bisa dihancurkan, bahkan kabarnya warga tersebut meninggal dunia beberapa hari usai mencoba menghancurkan batu itu. Alat berat yang digunakan untuk menghancurkan batu tersebut juga mesinya malah mati mendadak.

“Selain menemukan batu, juga saat pengerjaan lapang sampai selesai banyak masyarakat dan pekerja menemukan peninggalan-peninggalan benda sejarah seperti keramik dan benda lainya,” jelas Fahmi warga Kawali yang juga budayawan muda.

Dijelaskan Fahmi, secara logika, semestinya alat berat mampu memecahkan batu besar itu. Karena kekuatan alat berat dianggap melebihi berat serta ukuran batu tersebut. Namun ternyata malah sebaliknya.

Usaha untuk memecahkan batu itu sampi mendatangkan orang pintar (para normal). Namun setelah melakukan ritual tapi batu itu masih tak bisa dihancurkan.

“Sempat pemerintah desa setempat mencoba mendatangkan ahli benda purbakala, khawatir itu batu peninggalan, atau terdapat jejak sejarah. Tapi hasilnya tidak ditemukan adanya jejak sejarah, jadi ini hanya batu biasa,” jelas Fahmi.

BACA JUGA: Soal Penundaan Pelantikan, Bupati -Wakil Bupati Ciamis Terpilih Angkat Bicara

Hal-hal gaib juga sempat tejadi di sekitar batu itu. Setiap malam- malam tertentu beberapa warga sempat melihat seorang kakek berjubah putih, berjengot panjang, badan bungkuk, tengah berkeliling bahkan duduk di atas batu tersebut.Sehingga beberapa warga menyebut batu itu Sahnghiang Bongkok.

Dari beberapa kisah mistis itu, pemerintah desa setempat berinisiatif membangun saung atau bangunan yang mengelilingi batu tersebut.

“Bahkan di wilayah batu itu, ketika ada yang melakukan hal-hal negatif, berpacaran atau mambuk dan lainya akan celaka, terkadang ada yang kesurupan,” jelasnya. (Endang Setia Budi)

KABARPRIANGAN.CO.ID


BERITA TERKAIT