Garut Kembangkan 10 Destinasi Wisata Unggulan
KABARPRIANGAN.CO.ID | 25/01/2019 19:05
Garut Kembangkan 10 Destinasi Wisata Unggulan

TARKI, (KAPOL).-Tingginya potensi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Garut terus didongkrak untuk lebih mengundang minat wisatawan. Berbagai program pun diluncurkan pemerintah mulai dari pusat, provinsi, hingga kabupaten untuk menciptakan rasa aman dan nyaman wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Garut, Budi Gan Gan menyebutkan pihaknya saat ini mencanangkan program prioritas pembangunan 10 destinasi wisata. Hal ini dilakukan dengan harapan lebih menciptakan rasa aman dan nyaman para wisatawan yang ujung-ujungnya bisa lebih mendongkrak
kunjungan wisatawan.

“Ada program yang saat ini menjadi prioritas kita yakni program prioritas 10 destinasi wisata atau program Top Ten yang akan kita kembangkan. Dengan program ini diharapkan ke depannya bisa lebih memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan sehingga akan berdampak terhadap tingkat kunjungan,” ujar Budi, Senin (21/1/2019).

Dikatakannya, program prioritas 10 pembangunan destinasi wisata itu merupakan salah satu upaya dari
Pemkab Garut bersama Pemprov Jabar dan pusat di tahun 2019. Melalui program ini diharapkan wisata
unggulan yang ada di Garut lebih memiliki daya tarik untuk bisa lebih menarik wisatawan baik dalam negeri
maupun mancanegara.

Tahun ini, tutur Budi, penataan terhadap 10 prioritas destinasi wisata akan dilakukan melalui program prioritas tersebut. Adapun program prioritas 10 destinasi wisata dimaksud yakni objek wisata Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Situ Cangkuang di Kecamatan Leles, Pantai Sayangheulang di Kecamatan Pameungpeuk,
Pantai Cijeruk dan Karang Paranje di Kecamatan Cibalong, dan Pantai Rancabuaya di Kecamatan Caringin.

“Selanjutnya objek wisata kawah Talaga Bodas di Kecamatan Pangatikan, wisata kawasan Kamojang di Kecamatan Samarang, Taman Satwa Cikembulan di Kecamatan Kadungora, serta pemandian air panas Darajat di Kecamatan Pasirwangi,” katanya.

Destinasi wisata yang masuk prioritas itu menurut Budi ditentukan berdasarkan hasil penilaian tingkat kunjungannya. Selain itu juga dilihat dari potensi wisatanya yang bagus sehingga banyak diminati dan dikunjungi wisatawan.

Masih menurut Budi, selain 10 destinasi wisata itu, Disparbud Garut juga memiliki program khusus untuk
pengembangan objek wisata yakni tiga prioritas pembangunan wisata. Tiga objek wisata tersebut yakni Cipanas Garut, Gunung Papandayan dan Pantai Santolo.

“Selama ini tiga objek wisata itu merupakan yang paling paporit atau selalu ramai dikunjungi wisatawan
dari berbagai daerah. Oleh karenanya kami menilai perlu ada perhatian khusus dari pemerintah untuk terus
dikembangkan,” ucap Budi.

Program pengembangan destinasi wisata di Garut diharapkan Budi dapat berjalan sesuai harapan. Hal ini bertujuan agar keberadaannya bisa memberikan dampak baik terhadap pariwisata Garut dibanding yang sudah-sudah, khususnya menumbuhkan perekonomian masyarakat Garut.(Aep Hendy S)

KABARPRIANGAN.CO.ID


BERITA TERKAIT