Ilmuwan Berhasil Membuat Peta Bulan yang Lebih Detail
DARILAUT.ID | 17/06/2022 20:00
Ilmuwan Berhasil Membuat Peta Bulan yang Lebih Detail

Darilaut – Sejumlah ilmuwan berhasil membuat peta geologi bulan yang lebih detail. Peta geologi Bulan ini dengan skala 1:2.500.000.

Peta tersebut memberikan informasi yang komprehensif tentang strata geologi, fitur struktural, litologi, dan kronologi permukaan Bulan.

Selain itu, peta geologi Bulan mencerminkan evolusi kerak bulan di bawah proses beku, dampak bencana, dan aktivitas vulkanik. 

Peta dalam repositori ini menggabungkan pengetahuan paling komprehensif tentang Bulan dengan memanfaatkan hasil eksplorasi dan temuan ilmiah terbaru.

Skala waktu bulan yang diperbarui digunakan di peta ini untuk lebih mencerminkan evolusi dinamis Bulan.

Mengutip Space.com, peta bulan skala 1:2.500.000 yang dirilis oleh Chinese Academy of Sciences tersebut menangkap fitur geologi bulan dengan detail yang luar biasa.

Dengan peta ini nantinya dapat digunakan untuk membantu pemilihan lokasi pendaratan di masa mendatang.

Para ilmuwan telah membuat peta bulan resolusi tinggi baru dengan menggunakan data dari misi bulan China.

Peta terperinci dibuat menggunakan data terutama dari Program Eksplorasi Bulan China yang dikumpulkan selama 15 tahun terakhir.

Peta ini juga dilengkapi dengan data berkualitas tinggi dari misi eksplorasi internasional dari AS, Jepang, dan India.

Peta tersebut mengungkap lapisan geologis, fitur structural, 12.341 kawah tumbukan, 81 cekungan tumbukan, 17 jenis batuan, dan 14 jenis struktur.

Dalam makalah untuk diterbitkan jurnal Science Bulletin, tim peneliti menulis peta tersebut mencerminkan “evolusi kerak bulan di bawah proses beku, dampak bencana dan aktivitas vulkanik.”

Peta menggunakan proyeksi Mollweide yang menciptakan tampilan bulan berbentuk elips. Selain itu, juga disediakan proyeksi stereografik, yang secara terpisah berpusat di kutub utara dan selatan.

 

darilaut.id


BERITA TERKAIT