7 Prinsip Literasi Laut
DARILAUT.ID | 10/06/2022 20:02
7 Prinsip Literasi Laut
Sampah di Pantai Bali Sebabkan Penyu Terjebak dan Mati

Darilaut – Juni adalah Bulan Laut. Lautan adalah fitur yang menentukan di planet ini. Semua kehidupan ada karena lautan.

Untuk mempelajari tentang semua keajaiban laut, kerangka dan konsep dasar ilmu kelautan, National Oceanic and Atmospheric Administration, Noaa.gov, menjelaskan tujuh prinsip penting Literasi Laut.

Pertama, Bumi memiliki satu samudra besar dengan banyak fitur.

Prinsip Literasi Laut 1, jika Anda bisa melihat planet Bumi berotasi dari luar angkasa, akan ada waktu setiap hari di mana hampir semua yang bisa Anda lihat di bawah awan adalah air laut yang biru.

Sekitar 70 persen permukaan planet kita ditutupi oleh lautan. Tahun ini, Hari Laut Sedunia, menekankan bahwa kita tidak memiliki beberapa “samudera”, hanya satu.

Kita semua terhubung pada satu samudra, satu iklim, satu masa depan — bersama-sama.

Kedua, Kehidupan di lautan membentuk fitur Bumi.

Prinsip Literasi Laut 2, tanah di tepi laut selalu berubah. Laut mengikis garis pantai, mengangkut sedimen, dan membentuk benua.

Banyak batuan sedimen yang kita lihat di darat terdiri dari bentuk kehidupan yang hidup dan mati di lautan jutaan tahun yang lalu.

Misalnya, batu gamping terbentuk di dasar lautan dan sebagian terbuat dari cangkang yang ditinggalkan oleh hewan laut yang mati.

Ketiga, Lautan memberikan pengaruh besar pada cuaca dan iklim.

Prinsip Literasi Laut 3, Lain kali Anda merasakan rintik hujan. Pertimbangkan ini: sebagian besar hujan yang jatuh di daratan awalnya menguap dari lautan tropis.

Di mana pun Anda berada, lautan memiliki pengaruh signifikan terhadap cuaca dan iklim dengan menyerap, menyimpan, dan memindahkan panas, karbon, dan air di sekitar planet ini.

Keempat, Lautan membuat bumi layak huni.

Prinsip Literasi Laut 4, ratusan juta tahun yang lalu, bentuk kehidupan fotosintesis awal di laut telah mengubah planet kita, mengubah karbon dioksida di atmosfer menjadi oksigen.

Perubahan ini memungkinkan Bumi dapat mendukung kehidupan seperti yang kita kenal.

Laut terus menyediakan bahan penting untuk kehidupan di darat dan di laut, termasuk air, oksigen, dan nutrisi lainnya.

Kelima, Lautan mendukung keanekaragaman hayati dan ekosistem.

Prinsip Literasi Laut 5, lautan adalah ruang hidup terbesar di Bumi, rumah bagi makhluk mulai dari mikroba hingga paus biru.

Variasi kondisi fisik seperti cahaya dan suhu menciptakan banyak habitat berbeda di seluruh lautan global.

Ada terumbu karang, yang merupakan rumah bagi beberapa kehidupan yang paling melimpah di planet ini.

Beberapa wilayah laut terbuka dengan spesies yang relatif sedikit, dan ventilasi hidrotermal laut dalam yang mengandalkan bahan kimia, bukan matahari, untuk energi.

Keenam, Lautan dan manusia saling berhubungan erat.

Prinsip Literasi Laut 6, lautan menopang kehidupan manusia di berbagai tingkatan.

Lautan memoderasi iklim, mendukung pekerjaan dan ekonomi, dan merupakan sumber warisan budaya bagi orang-orang di seluruh dunia.

Tetapi aktivitas manusia juga berdampak pada lautan di berbagai tingkatan. Tindakan individu dan kolektif diperlukan untuk mengelola dan melindungi sumber daya ini untuk semua.

Ketujuh, Lautan sebagian besar belum dijelajahi.

Prinsip Literasi Laut 7, terlepas dari semua alat dan teknologi yang kita miliki untuk mempelajari lautan — kapal, satelit, kapal selam, scuba, dan banyak lagi — lebih dari 80% lautan kita belum dipetakan, tidak teramati, dan belum dijelajahi.

Eksplorasi laut tidak hanya merupakan peluang untuk inovasi dan penemuan lintas disiplin, tetapi juga kunci untuk mempertahankan sumber daya laut dalam menghadapi tekanan yang meningkat dari manusia di seluruh dunia.

 

darilaut.id


BERITA TERKAIT