Pendanaan Riset Kelautan Melalui Fasilitasi Hari Layar
DARILAUT.ID | 27/12/2021 10:26
Pendanaan Riset Kelautan Melalui Fasilitasi Hari Layar
Sampah di Pantai Bali Sebabkan Penyu Terjebak dan Mati

Darilaut – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memfasilitasi dukungan riset kelautan melalui program Hari Layar.

Fasilitasi Hari Layar untuk mendukung riset kelautan mencakup: biaya pelayaran, biaya akomodasi dan makan periset di dalam kapal.

Kemudian, biaya penggunaan dan layanan teknisi/operator peralatan riset yang terpasang dan merupakan bagian integral dari Kapal Riset.

Selain itu, biaya situasi darurat terkait pandemi Covid-19 sesuai dengan ketentuan.

Kegiatan yang tidak termasuk dalam pendanaan Fasilitasi Hari Layar ini, seperti biaya transportasi dan perjalanan dinas dari tempat asal ke pelabuhan dan sebaliknya, uang harian perjalanan periset, biaya pengiriman data atau koleksi spesimen.

Pendaftaran Fasilitasi Hari Layar ini dibuka hingga Senin 27 Desember 2021 melalui https://pendanaan-risnov.brin.go.id/.

Pengusul mengajukan dalam proposal untuk memperoleh data, sampel atau spesimen dalam rangka ide dan riset ilmiah. Kegiatan Hari Layar yang diusulkan dalam proposal berhubungan dengan kegiatan penelitian dan inovasi yang sedang dijalankan baik dari sumber dana BRIN maupun lainnya.

Target pemanfaatan spesimen/ paket data hasil hari layar dinyatakan dengan jelas, jumlah dan sesuai dengan tujuan penelitian.

Ketua dan tim penelitian memiliki peran, kesesuaikan kepakaran/keahlian relevan yang tergambar dengan jelas dalam riwayat hidup dan organisasi pelaksana penelitian. Kesesuaian proposal yang diajukan dengan rekam jejak penelitian sebelumnya.

Fasilitasi Pendukung Hari Layar dimaksudkan untuk memberikan akses yang terbuka dan inklusif bagi para periset, dosen dan mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas kapal riset BRIN guna melakukan akuisisi data dan/atau koleksi spesimen yang memerlukan kapal riset BRIN.

Tujuan dari kegiatan Fasilitasi Pendukung Hari Layar adalah terlaksananya riset multidisiplin dalam menghasilkan temuan ilmiah yang signifikan dalam mengungkap keanekaragaman hayati dan non-hayati dalam skala makro, mikro dan molekuler dan pemanfaatannya secara berkelanjutan.

Seperti melakukan riset pesisir, lautan dan samudera oleh para periset dan mitranya dalam bidang pemetaan dan geosains kelautan, oseanografi dan sains atmosfer, biologi laut dan perikanan.

darilaut.id


BERITA TERKAIT