Siklon Tropis Rai Berdampak Angin Kencang dan Gelombang Tinggi
DARILAUT.ID | 15/12/2021 15:29
Siklon Tropis Rai Berdampak Angin Kencang dan Gelombang Tinggi
Ilustrasi angin kencang. the-star.co

Darilaut – Siklon Tropis Rai yang saat ini sedang bergerak di Samudera Pasifik dapat memberikan dampak tidak langsung di Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara dan Papua Barat.

Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan siklon ini dapat memberikan dampak pada cuaca, seperti potensi hujan dengan intensitas sedang – lebat di wilayah Sulawesi Tengah bagian Utara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Kemudian potensi angin kencang di wilayah Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Papua Barat bagian Utara.


Selanjutnya, tinggi gelombang 1,25 – 2,5 meter (moderate) berpotensi terjadi di Laut Sulawesi, perairan Bitung – Likupang – Kepulauan Sitaro, perairan selatan Sulawesi Utara, perairan Kepulauan Sangihe, Laut Maluku bagian selatan, Perairan barat Kepulauan Halmahera, perairan utara Kepulauan Sula dan perairan utara Papua.

Tinggi Gelombang 2,5 – 4 meter (rough sea) berpotensi terjadi di perairan Kepulauan Talaud, Laut Maluku bagian utara, perairan utara dan timur Kepulauan Halmahera, Laut Halmahera, perairan utara Papua Barat, Perairan utara Biak, dan Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua.


Kondisi pada Rabu (15/12) siklon tropis Rai berada pada posisi 8.7LU – 132.3BT atau sekitar 960 km sebelah timur laut Tahuna. Dengan arah gerak ke barat, kecepatan 12 knots (22 km/jam) atau menjauhi wilayah Indonesia. Kecepatan angin maksimum 65 knots atau 120 km/jam.

Prediksi pada Kamis (16/12) pada posisi 9.9LU – 127.5BT atau sekitar 760 km sebelah utara timur laut Tahuna. Arah gerak barat, menjauhi wilayah Indonesia. Kecepatan angin maksimum 80 knots (150 km/jam).

Prediksi siklon ini pada Jumat (17/12) pada posisi 10.2LU – 121.5BT. Dengan arah gerak barat, menjauhi wilayah Indonesia. Kecepatan angin maksimum 70 knots (130 km/jam).

darilaut.id


BERITA TERKAIT