Ini Fase Gerhana Bulan Sebagian 19 November
DARILAUT.ID | 19/11/2021 13:55
Ini Fase Gerhana Bulan Sebagian 19 November

Darilaut – Peristiwa Gerhana Bulan Sebagian kembali dapat diamati di sejumlah wilayah di Indonesia, Jumat (19/11).

Fase gerhana bulan sebagian diawali proses gerhana mulai (P1), gerhana sebagian mulai (U1), puncak gerhana (Puncak), gerhana sebagian berakhir (U4) dan gerhana berakhir (P4).

Menurut Bidang Geofisika Potensial dan Tanda Waktu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) durasi gerhana dari fase Gerhana mulai (P1) hingga Gerhana berakhir (P4) adalah 6 jam 5 menit 7 detik.

Adapun durasi parsialitas, yaitu lama waktu dari fase Gerhana Sebagian mulai (U1) hingga Gerhana Sebagian berakhir (U4) terjadi selama 3 jam 29 menit 1 detik.

Pada fase gerhana sebagian berakhir terjadi bersamaan dengan terbitnya Bulan di lokasi yang terlewati oleh garis tersebut.

Garis U4 ini membagi dua kondisi visibilitas GBS 19 November 2021 di Indonesia, yaitu pengamat yang berada di sebelah Timur garis U4 dapat mengamati proses gerhana sebagian dari Bulan terbit hingga fase gerhana berakhir.

Daerah ini meliputi Papua, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Bali, sebagian besar Jawa bagian timur, dan sebagian Bangka Belitung bagian timur.

Adapun pengamat yang berada di sebelah Barat garis U4 hanya dapat mengamati fase gerhana penumbra dari sejak Bulan terbit hingga gerhana berakhir. Daerah di sebelah Barat garis U4 meliputi Jawa bagian barat dan Sumatera.

Proses gerhana di dunia dapat dilihat di Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, dan Rusia bagian timur.

Proses gerhana pada saat Bulan terbit dapat diamati di sebagian besar Asia dan Australia.

Proses Gerhana pada saat Bulan terbenam dapat diamati di sebagian besar Eropa bagian barat, sebagian kecil Afrika bagian barat, dan Amerika Selatan.

Gerhana ini tidak akan dapat diamati di Asia bagian barat, sebagian besar Afrika, dan sebagian besar Eropa bagian timur.

Gerhana Bulan Sebagian 19 November 2021 ini merupakan anggota ke 45 dari 72 anggota pada seri Saros 126. Gerhana bulan sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah Gerhana Bulan Total 9 November 2003.

Adapun gerhana bulan yang akan datang yang berasosiasi dengan gerhana bulan ini adalah  gerhana bulan sebagian 30 November 2039, yang juga akan dapat diamati dari Indonesia.

darilaut.id