1000 Sungai Penyumbang Plastik Paling Banyak ke Laut
DARILAUT.ID | 25/05/2021 21:02
1000 Sungai Penyumbang Plastik Paling Banyak ke Laut
Limbah Mikroplastik Cemari Laut

Darilaut – Sebuah tim peneliti yang berafiliasi dengan beberapa institusi di Belanda dan satu di Jerman telah membuat daftar 1000 sungai di seluruh dunia yang paling banyak berkontribusi pada sampah plastik ke lautan dunia.

Dalam makalah yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances, kelompok tersebut menjelaskan studi mereka tentang faktor-faktor yang memasukkan plastik ke laut. Penelitian ini untuk mengetahui sungai mana yang menjadi kontributor terbesar.

Phys.org melansir, Senin 17 Mei 2021, penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa sejumlah besar plastik buatan manusia masuk ke lautan dunia.

Banyak penelitian telah menunjukkan dampak plastik terhadap makhluk yang hidup di laut. Terutama yang terpapar mikroplastik.

Dalam upaya ini, para peneliti berusaha menemukan sumber utama plastik di lautan.

Untuk melacak jalur plastik dari tempat mereka digunakan ke laut, para peneliti melihat kemungkinan rute dan menemukan tiga pendorong utama. Seperti angin dan berbagai bentuk presipitasi yang memindahkan plastik dari satu area ke area lain, serta jarak tempuh plastik untuk sampai ke laut.

Jarak perjalanan memainkan faktor utama yang memungkinkan plastik sampai ke laut. Plastik yang digunakan di dekat laut, misalnya, atau di dekat sungai yang jaraknya pendek ke laut, memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk sampai ke laut.

Para peneliti kemudian menggunakan faktor-faktor yang mereka identifikasi sebagai bagian dari studi tentang sungai-sungai di dunia.

Mereka mencatat bahwa upaya sebelumnya telah menemukan bukti bahwa sebagian besar plastik yang dibuang ke laut berasal dari beberapa sistem sungai sangat besar. Tetapi mereka menemukan bukti yang menunjukkan bahwa hal itu lebih rumit.

Para peneliti mempelajari ribuan sistem sungai dengan melihat fitur geologi. Selain itu, jarak yang dekat dengan pemukiman, serta seberapa jauh plastik ini menempuh perjalanan dari daerah perkotaan sebelum mencapai laut.

Mereka menemukan bahwa banyak plastik yang berhasil mencapai laut dari sungai yang lebih kecil. Para penelitian kemudian membuat peta yang menunjukkan 1000 sungai teratas yang menyumbang hingga 80% dari semua plastik yang dibuang ke lautan.

darilaut.id


BERITA TERKAIT