165 Orangutan Telah Dilepasliarkan ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Katingan
BORNEONEWS.CO.ID | 28/01/2020 15:00
165 Orangutan Telah Dilepasliarkan ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Katingan
Kepala Seksi Pelayanan Taman Nasional (SPTN) Bukit Baka Bukit Raya Kabupaten Katingan, Firasadi Nursub'i

BORNEONEWS, Kasongan - Hingga saat ini jumlah orangutan yang dilepasliarkan di wilayah Taman Nasional atau TN Bukit Baka Bukit Raya Kabupaten Katingan mencapai 165 individu.

Menurut Kepala Seksi Pelayanan Taman Nasional atau SPTN Bukit Baka Bukit Raya Kabupaten Katingan, Firasadi Nursub'i, Selasa, 28 Januari 2020, jumlah orangutan sebanyak itu yang dilepasliarkan itu sejak Agustus 2016.

"Pertama kali pelepasliaran orangutan yang berasal dari Yayasan BOS Nyaru Menteng Tangkiling Palangka Raya ke TN Bukit Baka Bukit Raya itu 8 individu," sebutnya.

Orangutan yang dilepasliarkan di wilayah TN Bukit Baka Bukit Raya itu dibagi dalam dua kawasan atau jalur sungai. Selain di sepanjang jalur Sungai Hiran, pelapasan orangutan juga di jalur Sungai Bamban, keduanya masuk wilayah Kecamatan Marikit.

Menurutnya, lokasi pelepasliaran orangutan di wilayah itu sebelumnya sudah dilakukan pengkajian, termasuk kesediaan makanan dan lainnya yang bisa membuat orangutan berkembangbiak di alam bebas.

"Pelepasliaran orangutan di wilayah TN Bukit Baka Bukit Raya itu dilakukan setiap tahun sejak 2016 dan sampai dengan awal Januari 2020 kemarin total jumlah orangutan yang dilepasliarkan sebanyak 165 individu," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

BORNEONEWS.CO.ID


BERITA TERKAIT