Tidore Jadi Tuan Rumah Perayaan 500 Tahun Ekspedisi Ferdinand Magellan
DATABERITA.ID | 11/02/2019 17:44
Tidore Jadi Tuan Rumah Perayaan 500 Tahun Ekspedisi Ferdinand Magellan

DATABERITA,TERNATE- Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara terpilih sebagai tuan rumah pertemuan Global Network of Magellan Cities dan peringatan 500 tahun napak tilas perjalanan ekspedisi Ferdinand Magellans, penjelajah dunia asal Portugis.

Ali Ibrahim, Walikota Tidore Kepulauan mengatakan, Kota Tidore terpilih sebagai tuan rumah setelah 19 dari 20 kota jaringan Magellan didunia menyatakan dukungannya untuk Tidore pada pertemuan Global Network of Magellan Cities ke-9 di Kota Sevilla, Spanyol. Terpilihnya Tidore juga dikarena Kota ini dianggap memiliki peran penting yang melatar belakangi tujuan ekspedisi yang dilakukan Ferdinand Magellans pada 8 September, 1519.

BACA JUGA: Kekuatan Nuku di Tanah Gorom

“Rencananya pertengahan tahun ini semua tamu negara akan tiba di Tidore. Dan kami Sail Magellan 2021 merupakan momentum penting dan strategis dalam rangka mengkonsolidasikan dan mendorong kerjasama untuk kemajuan daerah,”kata Ali yang dihubungi databerita.id, Senin 4 Februari 2019.

Menurut Ali, keikutsertaan Indonesia dalam peringatan 500 tahun napak tilas magellans  dapat memberikan highlight mengenai peran sentral Indonesia sebagai sumber rempah. Selain itu, keikutsertaan ini juga dapat mendorong kerja sama maritim antar negara yang tergabung dalam Global Network of Magellan Cities.

BACA JUGA: Morotai Dorong Pengembangan Bibit Kelapa Bido

“Secara ekonomi bisa juga dijadikan platform untuk mempromosikan potensi ekonomi daerah di Indonesia Timur,”ujar Ali

Baca cerita lengkap 500 Tahun ekspedisi Ferdinand Magellan di DATABERITA.ID