Heboh Lintah Masuk Hidung Pernah Terjadi di Situbondo
JATIMPLUS.ID | 09/02/2019 07:00
Heboh Lintah Masuk Hidung Pernah Terjadi di Situbondo

SITUBONDO – Video seorang dokter di China sedang mengeluarkan lintah hidup dari hidung pasiennya kembali viral di media sosial. Percaya atau tidak, kejadian serupa pernah terjadi di Situbondo, Jawa Timur.

Video yang merekam upaya dokter mengeluarkan lintah hidup yang bersarang di hidung seorang kakek itu cukup membuat merinding. Menggunakan penjepit, dokter berusaha menangkap tubuh lintah di dalam hidung sang kakek dan menariknya keluar. Peristiwa itu terjada pada 8 Juni tahun lalu di sebuah rumah sakit di Beihai, Guangxi.

BACA JUGA: Joe Sava: Tak Mudah Menjadi Tionghoa

Tak hanya kakek, dokter juga mengeluarkan lintah dari hidung anak perempuan di China. Dengan ekspresi bingung, si anak tampak heran saat melihat lintah yang cukup besar ditarik dari hidungnya. Lintah yang terjepit alat medis itu tampak menggeliat.

Percaya atau tidak, kisah mengerikan itu ternyata pernah terjadi di Situbondo empat tahun lalu. Seorang anak bernama Mohammad Arisandi asal Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan dilarikan ke RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo. Bocah yang saat itu berumur lima tahun mengeluh sakit pada hidungnya dan mengalami mimisan. “Dia nangis-nangis karena hidungnya sering keluar darah,” kata Heryun seperti dilansir Detik.

Yang mengejutkan, lintah itu diperkirakan telah bersarang di hidung Arisandi selama satu bulan. Selama itu pula Arisandi sering mengeluh kesakitan dan jarang masuk sekolah. Upaya orang tuanya untuk memeriksakan ke dokter tak menuai hasil karena tidak ditemukan penyakit apapun.  

Hingga pada suatu pagi lintah itu menampakkan sebagian tubuhnya ke permukaan hidung Arisandi. Hal itu diketahui orang tuanya yang berusaha menariknya keluar. Namun upaya itu tak membuahkan hasil lantaran tubuh lintah yang mengerut dan masuk kembali ke dalam hidung.

Semula keluarganya tak menduga jika benda asing itu adalah lintah. Mereka menduga sebagai ulat yang menelusup ke dalam hidung Arisandi.

BACA JUGA: Sebelum Lengser, Gus Ipul Menikmati Bus Kota Berbayar Botol Bekas

Petugas rumah sakit pun sempat tak mempercayai keterangan keluarga yang menyebut ada hewan di dalam hidung Arisandi. Mereka baru terbelalak ketika secara tak sengaja lintah itu keluar sendiri saat Arisandi tidur telungkup. Seketika perawat yang melihatnya menariknya keluar.

Lintah itu diperkirakan masuk ke hidung Arisandi saat bermain-main di sungai. Lintah yang ukurannya kecil tak disadari bersarang di saluran pernafasan dan membesar. Pertumbuhan lintah itu juga diiringi dengan menyusutnya tubuh Arisandi.

Selengkapnya baca di JATIMPLUS.ID


BERITA TERKAIT