Program Studi Bisnis Digital Bakal Hadir di Unismuh Palu
SULTENGRAYA.COM | 08/11/2021 13:35
Program Studi Bisnis Digital Bakal Hadir di Unismuh Palu
Ilustrasi Hacker. REUTERS

SULTENG RAYA- Universitas Muhammadiyah Palu kembali merencanakan membuka beberapa program studi baru, termasuk salah satunya Program Studi Bisnis Digital yang akan dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Palu, Farid mengatakan perkembangan bisnis digital di Indonesia sangat pesat beberapa tahun terakhir ini, dan itu harus bisa dijawab oleh Unismuh Palu dalam bentuk Program Studi (Prodi).

Prodi ini katanya masih terbilang sangat langka. Baru sedikit kampus di Indonesia yang menawarkan dan jika mendapatkan izin, maka termasuk kampus biru Unismuh Palu salah satunya yang akan menawarkan.

“Prodi Bisnis Digital merupakan rumpun ilmu terapan yang mengaplikasikan bagaimana proses merancang suatu bisnis digital,” jelas Farid, Ahad (7/11/2021).

Sebagai mana profil lulusannya, maka setiap lulusan akan memiliki pengetahuan perkembangan ilmu manajemen,  teknologi informasi dan bisnis yang akan diterapkan nantinya dalam berkarier, mampu menerapkan konsep teoritis yang didapatkan dari pembelajaran di kelas untuk mengambil keputusan dan menganalisis data untuk menghasilkan informasi sesuai kebutuhan bisnis. Dan sebagai hasil akhir, diharapkan mampu menggagas dan mengembangkan bisnis digital yang disertai dengan keunggulan sikap dari lulusan yang merupakan visi dan misi Unismuh Palu.

“Adapun lulusannya nanti bukan bergelar Sarjana Ekonomi (SE), akan tetapi Sarjana Bisnis Digital (S.BD),”sebut dekan.

Kabag Humas Unismuh Palu, Andi Kaimuddin ketika dihubungi media ini, membenarkan informasi rencana penyelenggaraan Prodi itu. 

Katanya, Prodi ini mencakup banyak bidang, termasuk banyak sekali ilmu menarik yang bisa didapatkan di prodi ini, mulai dari ilmu tentang e-commerce, pengembangan web, user experience, pemrograman, keamanan siber, dan lain-lain.

Selain itu, juga akan belajar tentang serba-serbi bisnis dengan teknologi digital, bahkan akan mengulik dasar-dasar teori yang berkaitan dengan bisnis secara umum seperti pengantar bisnis, hukum bisnis, pengantar manajemen, perilaku konsumen, hingga kewirausahaan dan inovasi.

Menyangkut izin penyelenggaraan program studi, Wakil Rektor 1 Unismuh Palu, Sudirman mengatakan, Unismuh Palu telah mengajukan proposal kepada pihak Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Ristek dan Teknologi. Untuk dokumennya kata warek, telah mendapat rekomendasi dari LLDIKTI wilayah XVI pada tanggal 23 September 2021 dan saat ini sudah teregister dan terverifikasi melalui sistem informasi pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi Direktorat Pendidikan Tinggi dan Direktorat Pendidikan Vokasi.

“Jika izin penyelenggaraan telah didapatkan, pihak Unismuh Palu akan segera membuka penerimaan mahasiswa baru untuk prodi tersebut,” jelas Warek.

sultengraya.com


BERITA TERKAIT