Pemilihan Duta Baca Diharapkan Meningkatkan Minat Baca di Palu
SULTENGRAYA.COM | 24/06/2021 17:24
Pemilihan Duta Baca Diharapkan Meningkatkan Minat Baca di Palu
Ilustrasi wanita membaca buku. shutterstock.com

SULTENG RAYA – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Palu menggelar lomba pemilihan duta baca tingkat SMP/Mts diikuti lima sekolah di Kota Palu dengan jumlah peserta sebanyak 23 orang, Rabu (23/6/2021).

Kepala Diskarpus Kota Palu, Presly Tampubolon, mengatakan lomba Pemilihan duta baca tingkat SMP/Mts diharapkan dapat meningkatkan minat baca buku di kalangan anak sekolah atau kalangan muda di zaman sekarang.

Karena pada sadarnya, kata dia, anak-anak jika tidak banyak membaca, maka akan terbatas pengetahuannya. Sementara, ilmu pengetahuan semakin berkembang, begitu pun teknologi semakin berkembang , sehingga anak-anak harus dan perlu berkembang. Baik minat bacanya maupun jangkauan kemampuannya. Oleh sebab itulah, kata dia, Diskarpus mencoba merangsang anak melalui pemilihan duta baca.

“Kiranya, siapa yang terbaik dari beberapa peserta akan kami dorong menjadi utusan-utusan dalam membangun komunitas-komunitas baca di sekolah-sekolah. Bahkan, rencananya kami akan memberikan paket-paket kerja kepada mereka, sehingga jika setiap tahunnya kami menyelenggarakan pemilihan duta baca, maka komunitas baca dan minat baca akan terus meningkat,” kata Presly Tampubolon.

Ia menjelaskan, duta baca adalah orang yang banyak membaca buku, mampu menuliskan dan menceritakan kembali isi buku yang telah dibaca. “Diskarpus berharap bahwa dengan adanya kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan, mampu meningkatkan serta menumbuhkan budaya baca buku di kalangan anak sekolah dan kalangan muda, sehingga mereka dapat memiliki ilmu pengetahuan yang semakin berkembang atau lebih luas,” ucapnya.

sultengraya.com