Disarankan Jokowi, BPBD Wonogiri Kerahkan Derek Mobil 4X4 Double Cabin untuk Mencabut Rumput Vetiver
JOGLOSEMARNEWS.COM | 10/02/2020 10:50
Disarankan Jokowi, BPBD Wonogiri Kerahkan Derek Mobil 4X4 Double Cabin untuk Mencabut Rumput Vetiver
Presiden Joko Widodo alias Jokowi (tengah) ikut menanam tanaman di Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin 3 Februari 2020. Dalam kunjungan di lokasi bencana longsor ini, presiden menanam tanaman akar wangi dan durian yang dipercaya bisa mencegah longsor. TEMPO/Subekti.

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Siapa sangka ternyata vetiver atau akar wangi merupakan tanaman rumput-rumputan yang masuk kategori terkuat di dunia.

Untuk mencabut satu rumpun vetiver tidak mampu hanya mengandalkan tangan manusia. Bahkan di Wonogiri mesti dicabut dengan derek dari mobil 4X4 double cabin. Dengan fakta itu tidak mengherankan bahwa vertiver dikembangkan sebagai tanaman penahan longsor selain bahan baku kerajinan.

BACA: Sering Dipakai Transaksi, Warung Makan Bara Putra di Sambungmacan...

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, Sabtu (8/2/2020) menjelaskan, uji kekuatan vetiver awalnya tidak disengaja. Mulanya pihaknya mengambil satu rumpun tanaman berikut akar tanaman untuk rencana displai sekaligus upaya penangkaran benih pada Jumat (7/2/2020).

Tidak disangka ternyata mereka kesulitan mengambil secara manual. Bahkan setelah dibantu denganmembuat lingkaran lubang kedalaman sekitar satu meter keliling tetap tidak berhasil diangkat.

“Akhirnya dengan menggunakan bantuan derek mobil doble kabin 4X4 oranye BNPB, tanaman berikut akarnya baru bisa diambil,” terang dia.

Dia menjelaskan, usia tanaman vetiver sekitar tiga tahun sembilan bulan. Bambang menyebut vertiver itu ditanam pada saat kegiatan program BNPB melalui Sekolah Sungai, Oktober 2016 silam.

“Tanaman vertiver merupakan tanaman rumpun dan sangat membantu mengendalikan tanah longsor. Karena tanaman ini sangat kuat mengikat tanah. Oleh sebab itu, mari kita tanam pada lahan yang memiliki potensi longsor,” beber dia.

BACA: Tolak Ganti Sandal, Ternyata Emak-emak asal Semanggi ini Coba...

Awal tahun lalu, BPBD Wonogiri fokus mengembangkan tanaman vertiver di kebun bibit Wonogiri. Selain vertiver, di kebun bibit juga ada jenis tanaman lain. Dimana, tanaman yang memiliki fungsi ekologi dalam rangka upaya mitigasi bencana juga sebagai upaya edukasi mitigasi bencana dan penyediaan bibit tanaman yang memiliki fungsi ekologi dalam rangka menjaga kelestarian alam. Aria

JOGLOSEMARNEWS.COM


BERITA TERKAIT