Tips Teknologi: 3 Cara Aman Belanja Online Hari Natal - Tahun Baru
TEMPO.CO | 24/12/2017 12:35
Tips Teknologi: 3 Cara Aman Belanja Online Hari Natal - Tahun Baru
Ilustrasi belanja online / e-commerce. freepik.com

TEMPO.CO, Jakarta - Tips teknologi kali ini akan membahas cara aman belanja online saat Natal dan tahun baru. Selain Harbolnas, dua hari besar untuk belanja online sudah menunggu, yakni Natal dan tahun baru. Sepertinya semua e-commerce di Indonesia berlomba-lomba memberikan penawaran terbaik demi memuaskan pelanggannya. Jangan heran jika jari dan mata jadi "gatal" melihat peluang dan segera ingin menuntaskan transaksi.

Namun, sebelum melakukan transaksi ada baiknya memperhatikan beberapa tips penting supaya transaksi online tetap aman dan nyaman dari Dimension Data Indonesia ini:

Baca: Tips Teknologi: 5 Cara Membuat Konten Web Menarik

1. Jangan Gunakan Wifi Umum
Menurut Chief Executive Officer Dimension Data Indonesia, wifi umum tidak menjamin jalur yang digunakan aman. "Penjahat siber sudah menunggu. Ini jadi jalur baru untuk masuk ke perangkat Anda," ujar Hendra dalam keterangan pers yang diterima Tempo, Jumat, 22 Desember 2017.

2. Waspada Tawaran Promo
Hendra juga mewanti-wanti agar tak mudah tergiur tawaran promo yang menggiurkan yang masuk ke e-mail kita. "Apalagi kalau tak masuk akal," ujarnya. Misalnya, harga microwave yang standarnya dibanderol Rp 2,5 juta menjadi Rp 500 ribu.

"Sementara tautan atau lama yang menampilkan promo itu tidak kredibel. Mending lupain aja," kata Hendra. Menurut dia, bisa jadi itu merupakan e-mail phising yang kerap menjadi jalur memasukkan malware ke perangkat Anda.

3. Update Software
Selain kedua tips tersebut, Hendra juga menekankan untuk mengupdate software. Virus, kata dia, berkembang dengan cepat. "Para pengembang perangkat lunak pun juga bergerak cepat untuk menyeimbangi para hacker. Jadi, jangan sia-siakan usaha mereka dengan mengabaikan update," kata dia.

Baca: Tips Teknologi: Agar Baterai Ponsel Tak Cepat Panas

Simak tips teknologi lainnya dan kabar terbaru tentang perayaan Natal hanya di Tempo.co.


BERITA TERKAIT