Daftar 10 Politeknik Terbaik, Kuliahnya Lebih Banyak Praktek Ketimbang Teori
TEMPO.CO | 13/06/2021 05:55
Ilustrasi mahasiswa wisuda. shutterstock.com
Ilustrasi mahasiswa wisuda. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Barangkali setiap lulusan SMA, SMK atau Madrasah Aliyah lebih familiar untuk melanjutkan ke universitas umum atau sekolah kedinasan. Namun ternyata, masih ada banyak pilihan lain di luar sana untuk menata masa depan, tak hanya ke universitas. Melanjutkan pendidikan ke politeknik, adalah salah satu pilihan yang juga memberikan jaminan masa depan  

Nah, 10 Politeknik terbaik di Indonesia berikut ini mungkin bisa menjadi rekomendasi bagi kalian yang baru saja menyelesaikan pendidikan di SMA atau SMK dan ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Keunggulan dari Politeknik memang tidak perlu diragukan lagi. Hal itu karena, Politeknik merupakan salah satu bentuk perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di sejumlah bidang pengetahuan khusus.

Meskipun politeknik umumnya hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi. Namun, pendidikan vokasi bisa juga dia katakan sebagai kejuruan yang memiliki cakupan ilmunya lebih spesifik dan tentu saja praktikumnya lebih banyak.

Selain itu, lulusan Politeknik disiapkan untuk lebih terampil dan unggul sesuai dengan perkembangan industri dan kurikulum di politeknik lebih banyak praktik dibandingkan dengan teori, sehingga lulusan dari politeknik juga terampil dan unggul.

Dilansir dari akun instagram @diktivokasi, ada 10 politeknik terbaik di Indonesia versi Kemnristekdikti. Nah berikut 10 politeknik terbaik di Indonesia:

1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).
2. Politeknik Negeri Bandung (Polban).
3. Politeknik Negeri Malang (Polinema).
4. Politeknik Negeri Semarang (Polines).
5. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.
6. Politeknik Negeri Ujung Pandang (PUNP).
7. Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).
8. Politeknik Negeri Padang.
9. Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (Polipangkep).
10. Politeknik Negeri Bali.

Itu lah 10 politeknik terbaik di Indonesia berdasarkan versi Kemendikbud Ristek. Saat ini, cukup mudah untuk menemukan politeknik terbaik dengan bidang studi favorit belum lagi prospek kerja yang cukup menjanjikan dan lulusan politeknik yang juga terbilang bagus karna telah terlatih pada sebuah bidang keahlian.

Dan di Indonesia sendiri memiliki 39 politeknik yang berstatus Perguruan Tinggi Negeri dan politeknik-politeknik ini tersebar di dua puluh dua provinsi.

ASMA AMIRAH

Baca juga: Politeknik Tempo Siap Terima Mahasiswa Baru Tahun Ini


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT