Berita Terkini Gempa dari Sorong dan Bengkulu, Simak Catatan BMKG
TEMPO.CO | 20/02/2021 23:50
Ilustrasi gempa. geo.tv
Ilustrasi gempa. geo.tv

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencatat peristiwa gempa yang kembali terjadi di Sorong, Papua Barat, hari ini, Sabtu 20 Februari 2021. Getaran gempa yang terjadi pada pukul 17.04 WIB ini bahkan terukur sampai ke Raja Ampat.

Data BMKG menyebut gempa memiliki Magnitudo 4,6 yang bersumber dari laut, 31 kilometer barat laut Sorong. Gempa dengan sumber di kedalaman 10 kilometer tersebut memiliki intensitas yang terukur pada skala III MMI di Kota dan Kabupaten Sorong dan juga Kabupaten Raja Ampat.

Gempa skala III MMI berarti getarannya dirasakan nyata di dalam rumah, seakan ada truk melintas. Catatan BMKG menunjukkan gempa dengan intensitas yang sama juga dirasakan di Sorong pada Jumat pekan lalu, 12 Februari 2021.

Saat itu gempa terjadi dengan kekuatan terukur 4,8 M. Episentrumnya di laut, 38 kilometer arah timur laut Sorong. Berdasarkan peta lokasi yang dibagikan BMKG, sumber gempa-gempa tersebut berada di garis patahan yang sama yang melintas di laut di atas kepala burung Pulau Papua.

Gempa hari ini juga kembali terjadi Bengkulu yakni pada pukul 22.21 WIB, kekuatannya 4,1 M. Pusat gempa ini berada di laut, 79 kilometer barat daya Bengkulu Utara dan kedalaman 26 kilometer. Menurut BMKG, intensitas gempa dirasa sangat lemah (skala II MMI) di Bengkulu.

Baca juga:
Gempa Doublet Lagi, Giliran Zona Megathrust Lampung yang Aktif

Gempa terakhir di wilayah ini malah baru terjadi Kamis lalu, menjadikan yang sekarang gempa ke-25 sepanjang bulan ini. Atau, ke-17 yang berasal dari laut sebelah barat Bengkulu dan Lampung sejak November lalu.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT