BMKG Catat Gempa Terkini dari Enggano Malam Ini, Kekuatan 5,2 M
TEMPO.CO | 11/02/2021 22:55
Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG kembali mencatat kejadian gempa dari laut dekat Pulau Enggano, Bengkulu. Gempa terkini pada Kamis malam ini, 11 Februari 2021, tersebut terukur berkekuatan 5,2 dalam skala Magnitudo.

Gempa tepatnya terjadi pada pukul 22.09.34 WIB. Episentrum gempa berlokasi di laut, 68 kilometer arah barat daya Pulau Enggano. Kedalamannya, 15 kilometer.

Gempa itu dipastikan tak sampai memicu tsunami. Sedang dampaknya, berdasarkan peta guncangan dari BMKG, hanya dirasakan lemah atau ringan sebatas di Pulau Enggano.

Gempa  sebelumnya terjadi di kawasan yang sama pada Rabu malam. Kekuatannya sampai 6,3 M. Sekalipun tergolong kuat, gempa itu juga hanya dirasakan lemah di Enggano.

Padahal sumber gempa berada di segmen zona Megathrust atau gempa besar.BMKG menyebut ada unsur jarak dan karakter batuan Pulau Enggano yang membantu melemahkan getaran gempa itu sebelum sampai ke daratan Bengkulu.

Baca juga:
Gempa 7,6 M Picu Tsunami Australia, Ini yang Terjadi

Belum ada penjelasan mengenai mekanisme gempa terkini dan posisinya dari segmen megathrust. Namun dari koordinat lokasi episentrumnya cukup berdekatan yakni gempa Rabu malam di 5,69 LS dan 101,56 BT, sedang malam ini 5,75 LS dan 101,8 BT.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT