Gempa Terkini 5,2 dan 5,7 M Beruntun Getarkan Kepulauan Aru
TEMPO.CO | 31/01/2021 19:32
Ilustrasi gempa. geo.tv
Ilustrasi gempa. geo.tv

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencatat dua kali gempa berkekuatan Magnitudo 5,2 dan 5,7 terjadi di Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, Minggu petang ini waktu setempat, 31 Januari 2021. Kedua gempa terkini yang berselisih tak sampai 20 menit itu terjadi masing-masing Pukul 18.28 dan 18.44 WIT, atau 16.28 dan 16.44 WIB.

Dua gempa beruntun itu disebutkan sama-sama bersumber dari laut, 73 kilometer barat laut dan 58 kilometer sebelah barat Dobo, ibukota Kabupaten Kepulauan Aru. Kedalaman sumber gempanya, masing-masing 22 dan 20 kilometer.

Dengan masing-masing kekuatannya serta lokasi sumbernya itu, BMKG mengukur intensitas keduanya dirasakan sama di Dobo pada skala III MMI. Besar skala itu biasa untuk mewakili getaran gempa yang dirasakan di dalam rumah, seakan ada truk yang sedang melintas.

Dua gempa di Kepulauan Aru itu menjadi dua gempa pertama yang bisa dirasakan di wilayah Indonesia sepanjang hari ini. Gempa sebelumnya yang terjadi di wilayah Indonesia terjadi di Bengkulu. Gempa dengan kekuatan 5,1 M pada Sabtu sore itu dirasakan sampai skala V MMI atau bisa dirasakan semua orang membuat yang sedang tidur sampai terbangun.

Baca juga:
Gempa 5,1 M Guncang Bengkulu, Sumber Dekat Gempa Kuat 1971 dan 2001

Sedang gempa terkini sebelumnya di wilayah Provinsi Maluku terjadi pada Sabtu siangnya. Data BMKG menunjuk gempa itu berasal dari darat, 71 kilometer timur laut Maluku Tengah. Gempa sekuat 5,4 M ini bisa dirasakan pada skala III MMI di Maluku Tengah, juga di Ambon dengan skala yang lebih lemah.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT