Gempa Terkini Getarkan Pulau di Mentawai, Setelah di Labuan Bajo dan Mamuju
TEMPO.CO | 28/01/2021 22:03
Ilustrasi gempa. geo.tv
Ilustrasi gempa. geo.tv

TEMPO.CO, Jakarta - Gempa terkini pada hari ini, Kamis 28 Januari 2021, terjadi di Tuapejat, Sipora Utara, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Berdasarkan info yang dibagikan dalam situs web Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi pada pukul 19.03 WIB itu berkekuatan Magnitudo 4,2.

Gempa disebutkan bersumber di laut, 14 kilometer timur laut Tuapejat. Kedalaman sumber terukur 43 kilometer dan intensitas gempa itu terukur terkuat pada skala III MMI di Tuapejat. Skala itu mengilustrasikan gempa yang getarannya terasa di dalam rumah, seakan ada truk melintas.

Gempa di Tuapejat adalah gempa ketiga yang bisa dirasakan di wilayah Indonesia sepanjang hari ini. Sebelumnya gempa juga menggetarkan wilayah Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Kekuatannya 4,0 M dan waktu kejadiannya dicatat BMKG pada pukul 12.56 WIB.

Gempa yang berasal dari laut, 50 kilometer timur laut Labuan Bajo, itu bisa dirasakan pada skala III MMI di kawasan wisata tersebut. Menurut BMKG, kedalaman sumber gempa 10 kilometer.

Baca juga:
Ramai 7 Gempa Kemarin: dari Pacitan sampai Mamberamo

Gempa pertama pada hari ini terjadi di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat. Gempa 3,6 M pada pukul 01.43 WIB itu terasa lemah saja, yakni skala II MMI. BMKG menginfokan, sumber gempa terkini di kawasan yang belum lama diguncang gempa kuat tersebut berada di darat, 13 kilometer timur laut Majene. Kedalamannya juga 13 kilometer.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT