Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Efikasi 'Asli' Vaksin Sinovac dan Tenaga Kesehatan
TEMPO.CO | 13/01/2021 21:36
Petugas kesehatan dari pusat kesehatan masyarakat antre menunggu pengambilan vaksin Covid-19 Sinovac di gudang pendingin Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rabu, 13 Januari 2021. Kementerian Kesehatan telah mendistribusikan 3 juta dosis vaksin Covid-19 Sinovac
Petugas kesehatan dari pusat kesehatan masyarakat antre menunggu pengambilan vaksin Covid-19 Sinovac di gudang pendingin Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rabu, 13 Januari 2021. Kementerian Kesehatan telah mendistribusikan 3 juta dosis vaksin Covid-19 Sinovac untuk diberikan pada tenaga kesehatan di Indonesia. TEMPO/Prima Mulia

TEMPO.CO, Jakarta - Top 3 Tekno Berita Hari Ini dipuncaki oleh artikel Top 3 Tekno Berita Selasa, 12 Januari 2021. Di dalamnya, di antaranya, memuat hasil studi tentang kondisi tenaga kesehatan Indonesia setelah setelah menjalani 10 bulan pandemi Covid-19.

Artikel kedua di Top 3 Tekno Berita Hari Ini diisi informasi bahwa vaksin Sinovac di Brasil hanya 50,4 persen efektif mencegah infeksi Covid-19. Angka efikasi itu jauh di bawah yang diumumkan pekan lalu dan hampir tidak cukup untuk persetujuan penggunaan darurat. 

Artikel ketiga dari CES 2021 yakni Sony mengembangkan produk drone pertamanya, Airpeak. Dengan ukurannya yang cukup kecil, perangkat ini dapat membawa kamera mirrorless Sony Alpha full frame.

Berikut Top 3 Tekno Berita Hari Ini, Rabu 13 Januari 2021 selengkapnya,

1. Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Tenaga Kesehatan, Vaksin Covid-19, WhatsApp

Top 3 Tekno Berita Hari Ini diawali dari hasil studi di FKUI terhadap kondisi tenaga kesehatan di Indonesia selama pandemi Covid-19 ini. Studi mendapati, 83 persen di antaranya mengalami kelelahan fisik dan mental (burn out) tingkat sedang dan membutuhkan pertolongan dari orang lain.

Berita kedua memaparkan daftar efikasi atau khasiat Vaksin Covid-19 yang ada sejauh ini di dunia, hasil uji klinis. Efikasi Sinovac sebesar 65,3 persen bukanlah yang terendah.

Berita ketiga menyampaikan imbauan dan langkah yang digunakan pemerintah terkait pro dan kontra yang muncul pasca aplikasi pesan milik Facebook, WhatsApp, menyebar notifikasi berisi syarat dan ketentuan terbaru bagi para pelanggannya. Artikel mengutip keterangan dari Menteri Kominfo Johnny G. Plate.

2. Tingkat Efikasi Vaksin Sinovac Terbaru di Brasil 50,4 PersenTingkat Efikasi Vaksin Sinovac Terbaru di Brasil 50,4 Persen

Vaksin Sinovac hanya 50,4 persen efektif mencegah infeksi gejala dalam uji coba di Brasil, kata para peneliti pada hari Selasa, 12 Januari 2021, sebagaimana dilaporkan Reuters. Angka efikasi itu hampir tidak cukup untuk persetujuan peraturan dan jauh di bawah tingkat yang diumumkan minggu lalu.

Baca:
Jokowi akan Disuntik Vaksin Sinovac Pagi Ini, Disiarkan Langsung 

Pada konferensi pers hari Selasa, sebagaimana dilaporkan Bloomberg, pejabat negara bagian Sao Paulo dan peneliti dari Butantan Institute menjelaskan bahwa mereka membagi kasus dalam enam kategori: asimtomatik, sangat ringan, ringan, dua tingkat sedang, dan berat - dua yang pertama tidak memerlukan bantuan medis.

Angka 78 persen CoronaVac yang dikembangkan dalam kemitraan dengan Sinovac Biotech Ltd itu dihitung dengan mempertimbangkan kasus ringan, sedang dan parah, kata para pejabat. Ketika kasus yang sangat ringan di antara 13.000 sukarelawan dimasukkan, angkanya adalah 50,4 persen - 167 terinfeksi pada kelompok plasebo, dan 85 pada kelompok vaksin.

3. CES 2021: Sony Kenalkan Drone Airpeak yang Bisa Bawa Kamera Full Frame

Sony mengembangkan produk drone pertamanya, Airpeak, dalam gelaran pameran teknologi CES 2021. Dengan ukurannya yang cukup kecil, perangkat ini dapat membawa kamera mirrorless Sony Alpha full frame.

Baca:
Sebulan Pertama, Sony Sudah Kirim 3,4 Juta Unit PlayStation 5 

Dalam pameran CES 2021 yang digelar pada 11-14 Januari itu, Chairman, President, and CEO Sony Corporation Kenichiro Yoshida menerangkan bahwa Airpeak merupakan produk yang mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan dan robotik.

“Desainnya cocok bagi kreator petualang, ini adalah Airpeak,” ujar dia dalam video YouTube Sony yang diunggah, Selasa, 12 Janari 2021.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT