Gempa Terkini, Gunung Kidul dan Pacitan Digoyang Lindu Malam Ini
TEMPO.CO | 07/01/2021 22:57
Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Meteorologi Klimaologi dan Geofisika atau BMKG mencatat gempa terkini yang terjadi dari laut, 89 kilometer barat daya Gunung Kidul, Yogyakarta, pada Kamis malam ini, 7 Januari 2021. Kekuatannya terukur 4,6 Magnitudo dengan intensitas guncangan yang bisa dirasakan setara skala III MMI di Gunung Kidul dan juga Pacitan di Jawa Timur.

Intensitas gempa pada skala itu setara getarannya yang bisa dirasakan di dalam rumah, seakan ada truk yang sedang melintas. Data dari BMKG menyebutkan gempa itu terjadi pukul 21.44 WIB dengan kedalaman sumbernya 31 kilometer.

Itu adalah lindu keempat yang bisa dirasakan di wilayah Indonesia sepanjang hari ini. Sebanyak tiga gempa lainnya juga bersumber di laut, tersebar di Bengkulu Selatan, Bengkulu, pada pukul 00.28 WIB (5,8 M); Bonebolango, Gorontalo , pukul 03.59 WIB (6,4 M); dan Kota Sabang, Aceh, pada pukul 08.27 WIB (5,0 M).

Gempa terkuat terukur di Gorontalo namun intensitas paling besar dirasakan akibat gempa Bengkulu Selatan. BMKG mengatakan intensitas gempa itu mencapai V Skala MMI atau setara getarannya dirasakan oleh hampir semua penduduk. Orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

Baca juga:
Gempa 5,0 M Guncang Aceh, Warga Berlarian Ketakutan

Berdasarkan hasil analisis BMKG, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu aktivitas sesar besar Sumatra. Gempa terakhir di wilayah ini baru terjadi tiga minggu lalu, tepatnya 16-17 Desember lalu. Saat itu terjadi rentetan gempa sampai 10 kali dengan yang terkuat 4,2 M.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT