Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Redmi Note 9T, Larangan Trump, Gempa Bengkulu
TEMPO.CO | 07/01/2021 22:03
Redmi Note 9 Pro dengan tiga pilihan warna, tropical green, glacier white dan interstellar grey, saat dirilis di Indonesia, Selasa 9 Juni 2020. Kredit: Xiaomi Indonesia
Redmi Note 9 Pro dengan tiga pilihan warna, tropical green, glacier white dan interstellar grey, saat dirilis di Indonesia, Selasa 9 Juni 2020. Kredit: Xiaomi Indonesia

TEMPO.CO, Jakarta - Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang Xiaomi sudah terang-terangan akan rencana kemunculan Redmi Note 9T di awal 2021 ini. Seperti pernah diungkap kantor cabangnya di Spanyol dalam sebuah teaser di media sosial Twitter, anggota terbaru dalam keluarga Redmi/Note 9 itu dijadwalkan hadir besok, Jumat, 8 Januari 2021.

Berita terpopuler selanjutnya tentang Presiden Amerika Serikat Donald Trump meneken perintah melarang delapan aplikasi Cina di Amerika. Alasan presiden yang sudah dipastikan akan lengser dari hasil pemilu lalu itu, berkaitan dengan ancaman keamanan nasional dan diduga menyerap informasi sensitif dari perangkat pengguna.

Selain itu, selain di Gorontalo, gempa pada Kamis dinihari, 7 Januari 2020 juga mengguncang cukup kuat di Bengkulu. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencatat gempa di Bengkulu berkekuatan 5,8 Magnitudo dengan intensitas yang bisa dirasakan sampai skala V MMI.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno:

1. Xiaomi Redmi Note 9T Rilis Global Besok, Ini Bocorannya

Redmi Note 9 Pro dengan tiga pilihan warna, tropical green, glacier white dan interstellar grey, saat dirilis di Indonesia, Selasa 9 Juni 2020. Kredit: Xiaomi Indonesia

Xiaomi sudah terang-terangan akan rencana kemunculan Redmi Note 9T di awal 2021 ini. Seperti pernah diungkap kantor cabangnya di Spanyol dalam sebuah teaser di media sosial Twitter, anggota terbaru dalam keluarga Redmi/Note 9 itu dijadwalkan hadir besok, Jumat 8 Januari 2021.

Fitur kunci dari Xiaomi Redmi Note 9T ini adalah konektivitas 5G. Seperti juga yang sudah pernah dibahas berbagai sumber, chip yang digunakan Dimensity 800U dari Mediatek dengan kapasitas RAM 4 GB dengan sedikit catatan minor sistem operasi masih Android 10.

Dari teasernya pula terlihat rumah kameranya memiliki bentuk oreo, sama seperti pada Redmi Note 9 Pro 5G. Tapi, yang terbaru ini hanya akan terdiri dari tiga kamera yang detail spesifik resolusi antar lensanya masih harus menunggu peluncuran resmi besok.

Yang jelas baru resolusi kamera utamanya yang bakal sebesar 48 MP. Spesifikasi lainnya adalah layar 6.53" FHD+ hole-punch display, 90 Hz refresh rate, dual speakers, NFC, dan baterai 5.000 mAh dengan 18W charging, selain soal chipset dari Mediatek.

2. Trump Teken Larangan 8 Aplikasi Cina, Termasuk Alipay dan WeChat Pay

Presiden Donald Trump berbicara dalam unjuk rasa untuk memperebutkan sertifikasi hasil pemilu oleh Kongres AS, di Washington, 6 Januari 2021.[REUTERS / Jim Bourg]

Tanpa diduga, Presiden Amerika Serikat Donald Trump meneken perintah melarang delapan aplikasi Cina di Amerika. Alasan presiden yang sudah dipastikan akan lengser dari hasil pemilu lalu itu, berkaitan dengan ancaman keamanan nasional dan diduga menyerap informasi sensitif dari perangkat pengguna.

Mengutip GSM Arena, Rabu, 6 Januari 2021, aplikasi yang dimaksud adalah Tencent QQ, CamScanner, SHAREit, VMate, Alipay, QQ Wallet, WeChat Pay, dan WPS Office. Semuanya tidak akan lagi tersedia di toko Google Play Amerika setelah 45 hari. Larangan tersebut juga menandai kemungkinan aplikasi-aplikasi itu digunakan untuk melacak dan mengumpulkan file tentang karyawan federal Amerika.

“Amerika harus mengambil tindakan agresif terhadap mereka yang mengembangkan atau mengontrol perangkat lunak yang terhubung ke Cina untuk melindungi keamanan nasional,” bunyi pernyataan dari Gedung Putih, seperti dikutip dari BBC, Rabu.

3. BMKG Sebut Gempa Bengkulu Selatan Sampai V MMI, Warga: Kenceng Banget

Ilustrasi gempa bumi

Selain di Gorontalo, gempa pada Kamis dinihari 7 Januari 2020 juga mengguncang cukup kuat di Bengkulu. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencatat gempa di Bengkulu berkekuatan 5,8 Magnitudo dengan intensitas yang bisa dirasakan sampai skala V MMI.

Berdasarkan informasi dari BMKG, intensitas gempa sebesar itu setara getarannya dirasakan oleh hampir semua penduduk. Orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

Terbukti, di twitter, banyak warganet yang mengaku berdomisili di wilayah setempat mengungkapkan bisa merasakan gempa tersebut. "Pantes, goyang banget. Mana durasinya lama lagi," kata akun @kryptonite96 menjawab info kejadian gempa itu di akun @infoBMKG. Atau kata @vellovely03, "Serius gempanya kenceng banget."

BMKG menyatakan, gempa yang terjadi pukul 00.28 WIB itu berpusat di laut, 41 kilometer barat daya Bengkulu selatan. Kedalaman sumbernya 31 kilometer. BMKG memastikan tidak sampai terjadi tsunami tapi getaran gempa itu menjalar jauh.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT