10 Smartphone Paling Dinantikan pada 2021
TEMPO.CO | 02/01/2021 15:19
Apple iPhone 12 Pro vs Samsung Galaxy S20 Plus. Kredit: CRN
Apple iPhone 12 Pro vs Samsung Galaxy S20 Plus. Kredit: CRN

TEMPO.CO, Jakarta - Ada banyak smartphone menarik yang dinantikan pada tahun 2021. Dari handset kelas atas seperti iPhone 13 hingga keanehan seperti LG Rollable.

Baca:
6 Smartphone Desain Unik dan Aneh Sepanjang 2020 

Di bawah ini, terdapat sepuluh dari opsi paling menarik yang diharapkan untuk dilihat sebelum akhir tahun 2021, menurut Techradar.

Ini adalah daftar ponsel yang dalam banyak kasus cenderung bagus, dan setidaknya harus menarik, tidak biasa, atau inovatif.

1. Seri Samsung Galaxy S21

Samsung Galaxy S21 dan kemungkinan saudara kandungnya - Samsung Galaxy S21 Plus dan Samsung Galaxy S21 Ultra - mungkin adalah ponsel Android yang paling ditunggu-tunggu. Tidak perlu waktu lama untuk menunggu mereka juga, karena dikabarkan bahwa jajaran Samsung Galaxy S21 akan diumumkan paling cepat pada 14 Januari.

Apa yang Anda harapkan dari ketiga ponsel tersebut? Ketiganya akan memiliki kekuatan mutakhir, dengan rumor yang menunjukkan bahwa mereka akan mengemas chipset Snapdragon 888 (di AS) atau Exynos 2100 (di sebagian besar tempat lain) - keduanya bakal jadi chipset paling kuat tahun ini.

Pembaruan yang paling menarik mungkin adalah dukungan untuk stylus S Pen pada Samsung Galaxy S21 Ultra, langkah yang dikabarkan dapat membawa ponsel lebih dekat ke kisaran Galaxy Note. Selain itu ada pembicaraan tentang kamera spesifikasi tinggi, dengan S21 Ultra berpotensi menawarkan zoom optik 10x.

2. Seri iPhone 13

Seri iPhone 13 mungkin lebih diantisipasi daripada jajaran Samsung Galaxy S21, tetapi ada waktu yang lebih lama untuk menunggu ponsel ini, karena mereka mungkin tidak akan mendarat hingga September.

Mungkin ada beberapa peningkatan besar untuk model-model baru ini, dengan layar memiliki kecepatan refresh tinggi, penyimpanan 1TB, pemindai sidik jari di layar, dan notch yang lebih kecil, menurut rumor. Ada juga pembicaraan tentang kamera periskop yang ditambahkan, yang akan memungkinkan peningkatan rentang zoom optik.

Apple mungkin akan menawarkan bermacam-macam handset yang sama seperti pada kisaran iPhone 12 - yang berarti iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

3. Seri OnePlus 9

3. Seri OnePlus 9

Rangkaian OnePlus 9 kemungkinan akan mendarat pada bulan Maret atau April dan menawarkan cara yang sedikit lebih murah untuk mendapatkan jenis teknologi mutakhir yang diharapkan akan terlihat di ponsel seperti Samsung Galaxy S21.

Mungkin akan ada OnePlus 9, OnePlus 9 Pro, dan mungkin juga model yang sama sekali baru yang dijuluki OnePlus 9E.

Ketiga ponsel mungkin menggunakan chipset Snapdragon 888 kelas atas, dan mereka mungkin juga akan memiliki layar kecepatan refresh yang tinggi, dengan model Pro kemungkinan menawarkan setidaknya 120Hz.

Bocoran menunjukkan OnePlus 9 standar akan memiliki kamera utama 48MP, kamera ultra-lebar 48MP, dan lensa ketiga yang tidak diketahui, serta RAM 8GB dan penyimpanan 128GB, sedangkan OnePlus 9 Pro mungkin akan menjadi satu-satunya dari tiga yang memiliki sertifikasi IP68 untuk ketahanan air dan debu.

4. Samsung Galaxy Z Fold 3

Samsung Galaxy Z Fold 3 tidak mungkin menjadi arus utama seperti kebanyakan ponsel dalam daftar ini, tetapi itu bisa lebih menarik daripada kebanyakan dari mereka, karena ponsel yang dapat dilipat mungkin adalah masa depan, dan Samsung Galaxy Z Fold 3 sepertinya menjadi yang terbaik.

Selain memiliki layar yang besar dan dapat dilipat, rumor utama Samsung Galaxy Z Fold 3 sejauh ini menunjukkan bahwa ia mungkin mendukung stylus S Pen Samsung, memiliki kamera dalam layar, dan bahkan mungkin memiliki strip lampu RGB di engselnya.

Dirilis pada bulan Juni jika berbagai bocoran dapat dipercaya, meskipun beberapa sumber menganggap ponsel itu tidak akan mendarat sampai paruh kedua tahun.

5. LG Rollable

5. LG Rollable

LG Rollable adalah kartu liar, karena belum bisa dipastikan. Tetapi ada beberapa bukti bahwa LG sedang mengembangkan ponsel dengan layar yang dapat digulung, dan mungkin akan keluar pada tahun 2021.

Berdasarkan paten, ini mungkin perangkat yang memungkinkan Anda memperpanjang tepi kiri dan kanan layar. Menurut bocoran lain, ponsel itu mungkin meluas dari 6,8 inci menjadi 7,4 inci.

Sementara itu, aplikasi merek dagang untuk nama 'LG Rollable' menyertakan penyebutan "pena layar sentuh elektronik", sehingga seperti Galaxy Z Fold 3, Anda mungkin bisa mendapatkan stylus untuk itu.

LG Rollable terdengar ambisius dan belum banyak didengar, jadi ada kemungkinan besar tidak akan mendarat pada tahun 2021, dan jika berhasil, mungkin akan sangat mahal, tetapi pasti terdengar menarik. Satu-satunya rumor tanggal rilis untuk itu sejauh ini menyatakan bahwa ponsel itu bisa mendarat pada paruh pertama tahun ini.

6. Seri Oppo Find X3

Nama Oppo tidak sebesar Samsung atau OnePlus, tetapi dalam beberapa tahun terakhir ini telah membuat ponsel pesaing yang terbaik, dan jajaran Oppo Find X3 bisa menjadi yang berikutnya.

Faktanya, mereka mungkin sebenarnya lebih menarik dan inovatif daripada kebanyakan flagships ternama, karena rumor menunjukkan Oppo Find X3 Pro akan memiliki kamera makro yang dapat berfungsi seperti mikroskop, dengan zoom 25x dan lampu di sekitar lensa.

Ponsel ini mungkin juga memiliki NFC yang berfungsi di bagian depan dan belakang handset, sehingga Anda dapat mengetuk layar ke terminal pembayaran, bukan di bagian belakang.

Selain itu, spesifikasinya terdengar top-end, dengan pembicaraan tentang resolusi 3K, layar dengan kecepatan refresh tinggi, pengisian cepat, banyak lensa kamera, dan banyak lagi. Dan Anda tidak perlu menunggu lama, karena diharapkan jajaran Oppo Find X3 diluncurkan di awal tahun.

7. Nokia 10

7. Nokia 10

Nokia 10 telah ditunggu untuk waktu yang lama, begitu lama sehingga melewati beberapa nama sejak mulai dikabarkan - awalnya dianggap diluncurkan sebagai Nokia 9.1, tetapi seiring berjalannya waktu itu berubah menjadi Nokia 9.2, 9.3, dan sekarang Nokia 10.

Apakah 2021 akan menjadi tahun pendaratan masih harus dilihat, terutama karena masih belum diketahui banyak tentangnya, tetapi rumor menunjuk ke kamera selfie di layar, tampilan kaca safir, bingkai stainless steel, dan chipset Snapdragon 888 kelas atas, jadi ini bisa menjadi ponsel yang sangat premium.

Ada juga pembicaraan ponsel itu memiliki pengaturan kamera yang sangat berbeda dengan lensa penta Nokia 9 PureView, meskipun dalam hal apa perbedaannya masih belum jelas.

8. iPhone SE 3

Sementara seri iPhone 13 jelas merupakan yang paling diantisipasi dari ponsel Apple mendatang, perusahaan mungkin juga meluncurkan penerus iPhone SE (2020) pada tahun 2021.

Sangat sedikit rumor tentang iPhone SE 3 sejauh ini dan ada kemungkinan tidak akan terlihat sampai tahun depan, tetapi jika diluncurkan pada tahun 2021 mungkin akan memiliki chipset A14 Bionic (sama dengan seri iPhone 12).

Ada juga pembicaraan tentang iPhone SE Plus, yang mungkin akhirnya menjadi iPhone SE 3. Ponsel ini diperkirakan memiliki layar 5,5 atau 6,1 inci yang lebih besar, tetapi untuk mempertahankan keterjangkauan umum kisaran iPhone SE. Yang tidak jelas adalah apakah iPhone SE 3 akan tetap menggunakan tombol home fisik dan bezel besar - desain yang semakin kuno.

9. Seri Samsung Galaxy Note 21

Pertanyaan terbesar tentang seri Samsung Galaxy Note 21 adalah apakah akan diluncurkan, dengan rumor yang beredar bahwa Samsung ingin menambahkan dukungan stylus ke Galaxy S21 Ultra dan Galaxy Z Fold 3 sehingga dapat menghentikan rangkaian Note.

Belum ada berita apa pun tentang apa yang akan ditawarkannya, tetapi seperti biasa Anda dapat mengharapkan stylus S Pen, layar besar untuk memaksimalkannya, dan banyak daya. Jika Samsung Galaxy Note 21 benar-benar diluncurkan, kita mungkin akan melihatnya pada atau sekitar Agustus.

10. Sony Xperia 1 III Compact

Selain Sony Xperia 1 III yang diharapkan, ada desas-desus bahwa perusahaan mungkin meluncurkan Sony Xperia 1 III Compact, dan ponsel inilah yang membuat kita lebih bersemangat, karena saat itu tidak banyak ponsel kompak kelas atas.

Rumor menunjukkan ponsel itu mungkin memiliki layar 5,5 inci dan chipset kelas menengah atas - meskipun diharapkan untuk kelas atas. Belum banyak diketahui tentang Compact atau Sony Xperia 1 III standar, tetapi dengan kemungkinan ponsel diluncurkan pada paruh pertama tahun ini, kita berharap akan dapat mempelajari lebih lanjut tidak lama lagi.

Sumber: TECHRADAR


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT