NASA dan SpaceX Tetapkan Peluncuran Misi Rotasi Awak Pertama ke ISS 14 November
TEMPO.CO | 29/10/2020 09:21
SpaceX Demo-2 Crew Dragon. Kredit: NASA/Bill Ingalls
SpaceX Demo-2 Crew Dragon. Kredit: NASA/Bill Ingalls

TEMPO.CO, Washington DC - NASA dan SpaceX menetapkan jadwal peluncuran misi rotasi awak pertama menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Sabtu, 14 November 2020, pukul 19.49 EST (07.49 WIB).

Peluncuran itu merupakan bagian dari Program Kru Komersial badan penerbangan dan antariksa Amerika tersebut, seperti diumumkan oleh NASA pada Selasa, 27 Oktober 2020.

Misi yang dinamai Crew-1 tersebut akan meluncurkan sejumlah astronot NASA, yakni Michael Hopkins, Victor Glover, dan Shannon Walker, bersama dengan seorang spesialis misi Badan Eksplorasi Antariksa Jepang Soichi Noguchi, dari Kompleks Peluncuran 39A di Kennedy Space Center NASA di Florida.

Astronot-astronot Crew-1 akan bergabung dengan kru Ekspedisi 64, yakni Komandan Sergey Ryzhikov dan Teknisi Penerbangan Sergey Kud-Sverchkov, serta astronot NASA Kate Rubins.

Kedatangan Crew-1 tersebut akan menambah jumlah awak reguler untuk misi ekspedisi stasiun luar angkasa itu dari enam menjadi tujuh astronot, sekaligus meningkatkan jumlah waktu awak yang tersedia untuk penelitian, ungkap NASA.

Peluncuran itu akan menjadi kali pertama kru internasional terbang menggunakan roket dan pesawat luar angkasa bersertifikat NASA yang dimiliki secara komersial dan dioperasikan oleh dan dari wilayah AS, menurut NASA.

ANTARA | XINHUA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT