Kelurahan Ini Jatah 25 Siswa Akses Internet Gratis Tiap Hari Selama Setahun
TEMPO.CO | 23/09/2020 03:17
Sejumlah siswa belajar di salah satu ruangan di Polsek Kota Timur, Kota Gorontalo, Gorontalo, Selasa 18 Agustus 2020. Polsek tersebut menyediakan jaringan internet gratis dan ruangan belajar bagi siswa yang tidak memiliki gawai cerdas maupun paket data in
Sejumlah siswa belajar di salah satu ruangan di Polsek Kota Timur, Kota Gorontalo, Gorontalo, Selasa 18 Agustus 2020. Polsek tersebut menyediakan jaringan internet gratis dan ruangan belajar bagi siswa yang tidak memiliki gawai cerdas maupun paket data internet untuk belajar daring sejak bulan Juli 2020 lalu. ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

TEMPO.CO, JakartaPuluhan siswa di Kelurahan Karet Kuningan, Jakarta Selatan, mendapatkan akses jaringan internet gratis selama setahun. Akses itu disediakan kelurahan bekerja sama dengan swasta, yakni Biznet, untuk mendukung kegiatan belajar jarak jauh pada masa pandemi Covid-19.

Lurah Karet Kuningan, Endang Effendi, mengatakan bahwa akses internet gratis dapat diakses oleh siswa dari semua jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP hingga SMA/SMK. "Akses internet gratis ini menjadi solusi bagi siswa yang terbatas akses internetnya," kata Endang, Selasa 22 September 2020.

Layanan internet gratis ini dapat diakses oleh 25 siswa di Aula Kantor Kelurahan Karet Kuningan setiap hari dan selama dua jam--sesuai metode pembelajaran yang digunakan. "Hari ini siswa dari lima RW, mereka terdiri dari siswa SD, SMP, SMK, datang ke aula kelurahan, dibagi waktunya itu semuanya dua jam," ujarnya.

Endang menegaskan, tidak semua siswa bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh di area kelurahan. Dia menetapkan kualifikasi bagi para siswa yang dapat menikmati akses layanan internet gratis tersebut.

Ia menjelaskan teknis siswa yang ingin mengakses layanan internet gratis dapat mendaftarkan diri melalui "scan barcode" yang telah ditentukan oleh kelurahan, kemudian hasil pemindaian akan menunjukkan formulir yang akan diisi siswa.

"Data diri siswa tercatat melalui formulir dan akan menjadi identitas mereka. Setelah itu baru bisa belajar ke aula," ujar Endang.

Sejumlah siswa mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan akses internet gratis di Aula Kantor Kelurahan Karet Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa 22 September 2020. (ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Selatan)



Selama periode belajar di Aula Kantor Karet Kuningan, para siswa juga diwajibkan menerapkan protokol kesehatan. Protokol seperti pengukuran suhu tubuh, mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, dan menjaga jarak fisik saat belajar di ruangan.

Baca juga:
Lagi, Kampus Ditutup Sementara Gara-gara Covid-19

Internet gratis kerja sama Kelurahan Karet Kuningan dan Biznet berlangsung selama satu tahun, terhitung mulai 13 September 2020 hingga 14 September 2021.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT