Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Pendidikan Terpukul Covid-19, Redmi 9C, Realme 7i
TEMPO.CO | 15/09/2020 20:35
Siswa sekolah Stella Maris bersiap sebelum mengikuti acara kelulusan secara 'drive thru' di Stella Maris School, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa 9 Juni 2020. Kegiatan wisuda tersebut digelar secara 'drive thru' guna menghindari kerumunan y
Siswa sekolah Stella Maris bersiap sebelum mengikuti acara kelulusan secara 'drive thru' di Stella Maris School, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa 9 Juni 2020. Kegiatan wisuda tersebut digelar secara 'drive thru' guna menghindari kerumunan yang bisa menjadi medium penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Fauzan

TEMPO.CO, Jakarta - Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang dunia pendidikan tak terkecuali terpukul oleh pandemi Covid-19. Seperti diakui Chief Financial Officer PT Stella Maris International, Pierre Sanjaya, selama ini tren bisnis pendidikan selalu positif atau naik. "Tapi baru kali ini, dalam 25 tahun, bisnis pendidikan masuk dalam krisis," ujarnya.

Berita terpopuler selanjutnya, produsen ponsel Xiaomi akan melakukan penjualan perdana Redmi 9C di Indonesia pada siang ini, Selasa 15 September 2020. Mengusung tagline 'Jagoannya Kamera Kece', smartphone ini menyasar generasi Z yang ingin menikmati hiburan dengan perangkat yang memiliki performa daya tahan cukup kuat.

Selain itu, Indonesia dipilih menjadi negara pertama peluncuran Realme 7i secara global. Realme akan memperkenalkan Realme 7i bersamaan dengan peluncuran Realme 7 di Indonesia pada Kamis, 17 September.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno:

1. Sekolah Stella Maris: Baru Kali Ini Bisnis Pendidikan Masuk Krisis

Siswa sekolah Stella Maris bersiap sebelum mengikuti acara kelulusan secara 'drive thru' di Stella Maris School, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa 9 Juni 2020. Kegiatan wisuda tersebut digelar secara 'drive thru' guna menghindari kerumunan yang bisa menjadi medium penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Fauzan

Dunia pendidikan tak terkecuali terpukul oleh pandemi Covid-19. Seperti diakui Chief Financial Officer PT Stella Maris International, Pierre Sanjaya, selama ini tren bisnis pendidikan selalu positif atau naik.

"Tapi baru kali ini, dalam 25 tahun, bisnis pendidikan masuk dalam krisis," ujar Pierre dalam konferensi pers Satgas Penanganan Covid-19 di Graha BNPB Jakarta, Selasa 15 September 2020.

Menurut Pierre, ada beberapa aspek yang menyebabkan sektor pendidikan terpuruk selama pandemi. Mulai dari aspek orang tua, siswa, guru, hingga perangkatnya.

Untuk aspek orang tua, dia menuturkan, pandemi Covid-19 menuntut mereka harus menyediakan ruang dan waktu khusus untuk membimbing anak-anaknya belajar. Aspek guru, keharusan belajar ekstra dan tidak semua siap dengan fasilitas pembelajaran di rumah.

2. Dijual Perdana Siang Ini, Cek Harga Perkenalan Xiaomi Redmi 9C

Redmi 9A dan Redmi 9C. Kredit: Gizmochina

Produsen ponsel Xiaomi akan melakukan penjualan perdana Redmi 9C di Indonesia pada siang ini, Selasa 15 September 2020. Mengusung tagline 'Jagoannya Kamera Kece', smartphone ini menyasar generasi Z yang ingin menikmati hiburan dengan perangkat yang memiliki performa daya tahan cukup kuat.

Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse menerangkan, Redmi 9C merupakan bagian dari keluarga seri Redmi 9 yang memiliki teknologi artificial intelligence atau AI triple camera, layar lebih lega, dan chipset tangguh untuk penggunaan harian. "Serta daya baterai 5.000 mAh yang awet," ujar Alvin Tse dalam keterangan tertulis, Senin 14 September 2020.

Penjualan perdana Redmi 9C dilakukan secara eksklusif melalui online di JD.ID dan mi.com tepat pukul 12.00 WIB siang nanti. Hadir dalam tiga pilihan warna, perangkat ini dibanderol dengan harga perkenalan Rp 1,399 juta (harga normal Rp 1,449 juta) untuk varian kapasitas penyimpanan 3/32 GB, dan Rp 1,599 juta (harga normal Rp 1,649 juta) untuk 4/64 GB.

Redmi 9C sebelumnya resmi dirilis di Indonesia pada 9 September 2020. Dibekali kamera utama 13 MP, Xiaomi juga melengkapi sistem kameranya dengan lensa makro untuk foto jarak dekat dan lensa depth untuk mengambil portrait. Modul kamera Redmi 9C juga didesain khusus di bagian belakang, ditambah sensor sidik jari sebagai aspek sistem keamanan data.

3. Realme Pilih Indonesia untuk Peluncuran Global Realme 7i

Realme akan merilis smartphone terbarunya, Realme 7i, secara global di Indonesia, 17 September 2020. (HO/Realme)

Indonesia dipilih menjadi negara pertama peluncuran Realme 7i secara global. Realme akan memperkenalkan Realme 7i bersamaan dengan peluncuran Realme 7 di Indonesia pada Kamis, 17 September.

Rencana itu diungkap dalam keterangan tertulis yang dibagikan Realme Indonesia, Senin 14 September 2020. Realme 7i disebut sebagai 'Power Master' yang akan mengusung quad-camera dengan lensa utama 64 GB.

Ponsel tersebut juga akan ditenagai Snapdragon 662 dengan konfigurasi memori penyimpanan RAM 8 GB dan ROM 128 GB yang dapat diperluas dengan kartu MicroSD hingga 256 GB. Baterainya 5.000 mAh dilengkapi adaptor 18 W Quick Charge untuk mengisi daya.

Dari segi tampilan, layar Realme 7i akan mendukung refresh rate 90 Hz. Sementara untuk desain, ponsel tersebut akan tersedia dengan dua varian warna, yaitu Aurora Green dan Polar Blue, yang tampil dengan sentuhan warna gradien.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT