Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Mutasi Virus Corona dan Mitos Kolam di ITB
TEMPO.CO | 29/08/2020 23:21
Pengendara motor melintas di depan mural "Stop Corona" di Kampung Jogoloyo, Surabaya, Jawa Timur, Senin, 27 Juli 2020. ANTARA/Moch Asim
Pengendara motor melintas di depan mural "Stop Corona" di Kampung Jogoloyo, Surabaya, Jawa Timur, Senin, 27 Juli 2020. ANTARA/Moch Asim

TEMPO.CO, Jakarta - Top 3 Tekno Berita Hari Ini dipuncaki berita yang memuat perkembangan terbaru Mutasi Virus Corona Covid-19. Peneliti vaksin dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI mengungkap kalau mutasi yang menyebabkan virus itu semakin mudah menginfeksi sel, dan karenanya lebih mudah menular pula, telah terdeteksi di antara sampel dari pasien di sejumlah wilayah di Indonesia.

Di belakangnya ada berita dari ketegangan di Laut Cina Selatan. Persenjataan rudal balistik Cina dilaporkan telah menyalak dalam sebuah uji coba di kawasan itu menyusul penyusupan pesawat mata-mata Amerika Serikat. Tidak tanggung-tanggung, dua rudal Dongfeng dengan spesifikasi pembunuh kapal induk diluncurkan sekaligus dalam uji coba itu.

Berita terpopuler Tekno ketiga sepanjang Sabtu, 29 Agustus 2020, datang dari kegiatan pengenalan Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa (OSKM) 2020 Institut Teknologi Bandung (ITB). Para mahasiswa barunya tak luput diperkenalkan dengan mitos dan fakta dari Kolam Indonesia Tenggelam yang berlokasi di tengah kampus itu.

Berikut Top 3 Tekno Berita hari ini selengkapnya,

1. Mutasi Virus Corona Jadi Lebih Menular Terdeteksi di Indonesia

Mutasi virus corona penyebab Covid-19 yang membuat virus itu sepuluh kali lebih mudah menginfeksi sel telah ditemukan di Indonesia. Mutasi tersebut diketahui sudah mendominasi kasus infeksi virus itu di dunia dan diduga berada di balik pandemi yang belum juga terbendung hingga kini.

Warga memakai masker ketika menunggu transjakarta di Halte Senayan, Jakarta, Senin, 2 Maret 2020. Usai Presiden Indonesia Joko Widodo mengumumkan dua orang WNI di Indonesia terdampak virus corona (Covid-19), warga dihimbau menggunakan masker di tempat keramaian maupun ketika menggunakan transportasi umum. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

Peneliti di Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pegatahuan Indonesia (LIPI), Wien Kusharyoto, mengatakan kalau tim dari LIPI telah menemukan mutasi virus itu secara langsung dalam sampel asal Jakarta dan Tangerang. LIPI melakukan whole genome sequencing menggunakan teknik yang dipelajari dari Oxford University.

Dia mengatakan kedua hasil pengurutan gen virus itu telah disetor ke basisdata internasional yang mengumpulkan hasil sekuensing virus corona Covid-19 dari berbagai sampel di dunia. "Ternyata sudah ada delapan sampel whole genome sequencing asal sampel Indonesia yang menunjukkan adanya mutasi virus itu," katanya saat dihubungi, Jumat 28 Agustus 2020.

2. Balas Diintai Amerika, Dua Rudal Dongfeng Cina Meluncur ke Laut Cina Selatan

Cina pamer kekuatan rudal balistiknya di Laut Cina Selatan dalam sebuah uji coba yang digelar pada Rabu, 26 Agustus 2020. Sebanyak dua rudal diluncurkan sekaligus yaitu DF-21D dari Provinsi Zhejiang dan DF-26B dari provinsi Qinghai. 

Rudal balistik jarak menengah DF-26 dapat membawa hulu ledak konvensional dan nuklir. Spesifikasi rudal balistik Cina ini belum banyak diketahui, tapi diyakini bahwa rudal ini mampu membawa hulu ledak konvensional seberat 1.200-1.800 kg. Dong Feng 26 memiliki akurasi yang bagus, yaitu di bawah 100 meter. zainkhan.org

Dua rudal menyalak sebagai jawaban atas pergerakan pesawat mata-mata Amerika Serikat, U-2, yang menyusup ke zona larangan terbang untuk memata-matai latihan perang Angkatan Laut Cina di lepas pantai utara negara itu. "Tindakan provokatif dan harus dihentikan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Zhao Lijian.

Baca juga:
Tua-tua Keladi Pesawat Mata-mata Amerika Dragon Lady

Belakangan diketahui peringatan tersebut diterjemahkan Tentara Pembebasan Rakyat Cina dengan uji dua rudal Dongfeng yang memiliki spesifikasi kecepatan hipersonik dan bisa mengangkut hulu ledak nuklir. Uji rudal juga diketahui dari notifikasi yang disebar otoritas penerbangan Cina agar tidak ada pesawat yang mendekati wilayah tersebut. 

3. ITB Punya Kolam Indonesia Tenggelam di Tengah Kampus, Begini Mitosnya

Kolam Indonesia Tenggelam di tengah kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) punya beberapa mitos di kalangan mahasiswanya. Menjelang penerimaan mahasiswa baru, mitos itu ikut menjadi bahan pengenalan Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa (OSKM) 2020 ITB di laman media sosialnya pada Agustus ini. 

Indonesia Tenggelam atau disingkat Intel merupakan kolam bundar ber-air mancur yang diyakini bisa menghasilkan pelangi karena pembiasan sinar matahari yang melewatinya. Bagian lantai dasarnya bergambar peta Indonesia. Pada lantai di sekeliling kolam itu dipasangi nama-nama jurusan di kampus ITB Jalan Ganesha Bandung sekaligus petunjuk arahnya.

Kolam Indonesia Tenggelam atau disingkat Intel yang ada di tengah Kampus ITB Bandung. Kolam ini dikenal dengan sederet mitosnya dan masuk materi pengenalan untuk para mahasiswa baru di kampus itu. FOTO/ISTIMEWA

Konon jika ada yang menginjak nama jurusan itu, dia tidak akan bisa kuliah di sana. Mitos lainnya terkait dampak bagi siapa pun yang sengaja menceburkan diri ke kolam itu. Hukuman kepada mahasiswa tersebut adalah satuan kredit semesternya bakal menjadi nol.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT