Apple Bergeming, Facebook Gaming Tanpa Streaming di iOS
TEMPO.CO | 08/08/2020 21:30
Facebook gaming. Facebook.com
Facebook gaming. Facebook.com

TEMPO.CO, Jakarta - Aplikasi Facebook Gaming untuk iOS dipaksa untuk meluncur tanpa akses ke game manapun, Jumat 7 Agustus 2020. Ini karena kebijakan App Store yang melarang layanan game streaming.

COO Facebook Sheryl Sandberg menyatakan untuk tetap meluncurkan aplikasi Facebook Gaming di App Store. Namun para pengguna aplikasi versi iOS akan mendapatkan fitur yang hilang dibandingkan dengan pengguna Android. “Sayangnya, kami harus menghapus fungsi permainan sepenuhnya untuk mendapat persetujuan Apple," katanya, Jumat 7 Agustus 2020.

Namun Sandberg berjanjin tetap fokus membangun komunitas bagi lebih dari 380 juta orang yang bermain game di Facebook setiap bulan. "Entah apakah Apple mengizinkan dalam aplikasi tersebut maupun tidak," katanya menambahkan.

Facebook mengatakan bahwa aplikasi Facebook Gaming itu telah ditolak berkali-kali oleh Apple dalam beberapa bulan terakhir. Apple menggunakan kebijakan App Store 4.7 sebagai dasar untuk membenarkan penolakan tersebut, mengklaim bahwa tujuan utama aplikasi Facebook Gaming adalah untuk bermain game. 

Facebook embagikan data penggunaan aplikasi Facebook Gaming versi Android yang menunjukkan bahwa 95 persen aktivitas berasal dari pengguna yang menonton streaming. Namun data disebut tidak mengubah pendirian Apple. Facebook sampai mengatakan bahwa Undang-undang di Uni Eropa akan memaksa Apple untuk merevisi kebijakannya namun Apple bergeming. 

Apple belum lama juga mendapat keluhan dari pelaku industri video game agar mau melonggarkan kebijakan App Store. Keluhan di antaranya datang dari Microsoft di mana layanan game streaming paket Xbox Game Pass tidak akan tersedia untuk iPhone maupun iPad akibat kebijakan yang sama. 

FERDINAND ANDRE | ZW | THE VERGE | 9TO5 MAC


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT