Dua Gempa Pagi Ini: Dalam di Jepara, Dangkal di Donggala
TEMPO.CO | 07/07/2020 08:23
Lokasi gempa di Donggala,  Sulawesi Tengah,  Selasa pagi ini 7 Juli 2020. Twitter/@bmkg
Lokasi gempa di Donggala, Sulawesi Tengah, Selasa pagi ini 7 Juli 2020. Twitter/@bmkg

TEMPO.CO, Jakarta - Sepanjang pagi tadi, Selasa 7 Juli 2020, gempa juga terjadi di Donggala, Sulawesi Tengah, selain yang di Laut Jawa atau sebelah barat laut Jepara, Jawa Tengah. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa di Donggala terjadi lebih dulu yakni pukul 03.31.58 WIB.

Jika gempa Jepara terjadi di laut dengan sumber yang tergolong sangat dalam yakni 578 kilometer, gempa Donggala justru disebutkan bersumber di darat dan sangat dangkal, yakni kedalaman empat kilometer. BMKG mencatatnya berada tujuh kilometer sebelah timur Toaya, Kabupaten Donggala, dengan kekuatan 4,0 Magnitudo.

Namun dampaknya serupa di antara dua gempa itu. Menurut BMKG, gempa di Donggala terasa dalam skala III MMI di Donggala dan Palu. Skala itu setara dengan getaran yang dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. 

Lokasi gempa di Jepara. twitter/@bmkg

Berdasarkan catatan BMKG pula, gempa di Donggala berselang dua hari setelah gempa juga terekam terjadi di wilayah tetangganya, yakni Kabupaten Sigi. Gempa saat itu berkekuatan 3,7 M bersumber dari darat dengan kedalaman lima kilometer. Adapun gempa di Donggala sebelumnya pernah terjadi di antaranya 28 April.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT