Baru, Google Hadirkan SmartReply Berbasis AI untuk Youtuber
TEMPO.CO | 04/07/2020 09:28
Ilustrasi YouTuber (Pixabay.com)
Ilustrasi YouTuber (Pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Google memperbarui sistem SmartReply berbasis kecerdasan buatan untuk bisa digunakan oleh YouTuber. Sebelum di aplikasi video YouTube, sistem itu sendiri telah diluncurkan empat tahun lalu dan selama ini membantu di antaranya para pengguna Gmail, Android Messages, Play Developer Console, dan Android Wear.

Pembaruan SmartReply ini diumumkan Google pada Rabu 2 Juli 2020. Fitur disediakan di YouTube Studio, dasbor online yang biasa digunakan para YouTuber atau content creator untuk mengelola kanalnya, mengecek statistik, mengembangkan isi, dan berinteraksi dengan para viewer atau follower.

Untuk YouTuber dengan pengikut yang besar, merespons komentar bisa sangat memakan waktu. Di sinilah peran SmartReply bisa membantu. Sistem itu dengan teknologi AI-nya memampukan para content creator berinteraksi lewat balasan komentar dengan lebih cepat dan mudah.

Ketimbang mengetik manual seluruh respons, YouTuber akan mampu tinggal meng-klik satu respons yang disarankan oleh sistem. Sebagai contoh, jika seorang mengatakan sesuatu tentang keingintahuannya tentang apa yang akan dibuat di kanal itu, SmartReply bisa menyarankan balasan seperti ‘Thank you!’ atau ‘More to come!’

Untuk saat ini, SmartReply Youtube memang hanya tersedia dalam bahasa Inggris dan Spanyol. Google meminta permakluman karena SmartReply yang dikembangkan untuk YouTube memiliki kesulitan tersendiri. Yang dibangun untuk email, teknologinya harus memproses kata dan frase pendek. Tapi untuk YouTube, SmartReply harus mampu memahami lebih beragam termasuk emoji dan seni ASCII.

Komentar di YouTube sering kali juga mengunggah kata singkatan, bahasa pergaulan atau slang, dan tanda baca yang tidak konsisten. Itu semua memberi tantangan lebih besar bagi artificial intelligence milik Google yang mempelajari keberagaman penggunaan bahasa.

“Cara mempelajari bentuk balasan komentar dilakukan berdasarkan penggunaan kata, emoji, dan campuran bahasa. Kumpulan-kumpulan balasan tersebut akan menjadi pola yang unik, dan digunakan kembali oleh SmartReply,” kata Rami Al-Rfou, peneliti dari Google mengungkapkan dalam blog resmi.

Fitur ini diyakinkan dapat mengurangi waktu YouTuber dalam membalas komentar. Balasan seperti ucapan terima kasih, permintaan untuk like dan subscribe dapat dilakukan secara instan. Mereka hanya perlu menunggu kapan Google menambah dukungan SmartReply Youtube dengan Bahasa Indonesia.

FERDINAND ANDRE | ZW | GOOGLE | TECH CRUNCH


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT