Covid-19, Apple Watch Tambahkan Fitur Pengingat Cuci Tangan
TEMPO.CO | 29/06/2020 21:21
Apple Watch Seri 3. Kredit: Apple
Apple Watch Seri 3. Kredit: Apple

TEMPO.CO, Jakarta - Dalam Apple Worldwide Developers Conference 2020 yang dimulai pada Senin, 22 Juni 2020, Apple mengatakan sistem operasi baru untuk Apple Watch menambahkan pengingat untuk mencuci tangan bagi penggunanya. Ini merupakan salah satu langkah perusahaan yang dipimpin Tim Cook itu sebagai bentuk pertahanan melawan virus corona bagi penggunanya.

Apple akan menambahkan fitur ke watchOS 7 mendatang yang memeriksa kebersihan mencuci tangan penggunanya. Pembaruan itu akan hadir dengan menggunakan sensor gerak Apple Watch, mikrofon, dan pembelajaran mesin untuk mengetahui kapan penggunanya mencuci tangan, seperti dikutip laman Fox News, Sabtu, 27 Juni 2020.

Ketika arloji pintar itu mendeteksi cuci tangan, hitungan mundur 20 detik akan dimulai. Ini juga akan mendorong pengguna agar terus mencuci jika mereka sudah berhenti sebelum tanda 20 detik. Juga akan ada pengingat untuk mencuci tangan saat kembali ke rumah.

Apple saat ini semakin fokus pada jam tangan pintarnya, dan sejauh ini smartwatch terkemuka di seluruh dunia, menurut IDC, yang digunakan untuk pemantauan kesehatan adalah besutan Apple.

Apple Watch sudah dapat memantau detak jantung, melacak siklus menstruasi, dan memberi tahu orang-orang apakah tingkat kebisingan dapat mempengaruhi pendengaran mereka, di antara fitur kesehatan lainnya. Jika seseorang menderita diabetes tipe 1 atau tipe 2, ada aplikasi seperti Dexcom G6 yang dapat memeriksa level pada monitor glukosa mereka dari jam tangannya.

Selain itu, Apple Memojis juga akan mendapatkan kustomisasi Covid-19, dengan menambahkan penutup masker. Memoji adalah avatar animasi yang dapat dipersonalisasi dengan menambahkan ekspresi wajah yang mirip dengan pemiliknya.

Memoji ini dapat digunakan untuk stiker yang muncul di iMessage, video, atau profil, di antara kegunaan lain. Negara-negara seperti California dan Massachusetts membutuhkan masker wajah di depan umum, jadi menambahkan fitur ini harus disambut oleh pengguna Apple Memoji di negara-negara tersebut.

Apple juga akan menambah 20 gaya rambut, hiasan kepala dan opsi lainnya dan tiga stiker Memoji baru untuk iMessage: pelukan, tonjolan kepalan tangan, dan gerakan memerah.

FOX NEWS | 9TO5MAC


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT