Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Realme C11, LTMPT, Mahasiswi FKUI
TEMPO.CO | 29/06/2020 19:51
Realme C11. realme.com
Realme C11. realme.com

TEMPO.CO, Jakarta - Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang Realme Indonesia akan meluncurkan smartphone midrange Realme C11 besok, Selasa, 30 Juni 2020. Menjelang peluncuran, ponsel pintar itu telah muncul di situs e-commerce Lazada Indonesia, yang akan hadir dengan dua pilihan warna, Mint Green dan Pepper Grey, beserta beberapa spesifikasinya.

Berita terpopuler selanjutnya, akun resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di Twitter dibanjiri pertanyaan dan keluh kesah peserta, Senin, 29 Juni 2020. Mereka mempersoalkan laman portal.ltmpt.ac.id yang tidak bisa diakses. “Web ltmpt masih eror kah, aku login kok gak bisa terus,” kata Nadia.

Dan lainnya, Adriana Viola Miranda, Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) angkatan 2016, berhasil mengharumkan nama Indonesia setelah dia dan timnya meraih juara pada kompetisi internasional bertajuk 'MIT Covid-19 Challenge: Latin America vs Covid-19' pada 19-21 Juni 2020 lalu.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno:

1. Rilis Besok, Spesifikasi Realme C11 Muncul di Situs Lazada

Realme C11. realme.com

Realme Indonesia akan meluncurkan smartphone midrange Realme C11besok, Selasa, 30 Juni 2020. Menjelang peluncuran, ponsel pintar itu telah muncul di situs e-commerce Lazada Indonesia, yang akan hadir dengan dua pilihan warna, Mint Green dan Pepper Grey, beserta beberapa spesifikasinya.

Diunggah oleh akun Lazada Offcial Store Realme, Realme C11 disebutkan akan memiliki layar 6,5 inci IPS LCD dengan mini-drop beresolusi HD+. Tidak dijelaskan soal kamera depannya, tapi kemungkinan akan datang dengan kamera menghadap ke depan 5 atau 8 MP, demikian dikutip laman Gizmochina, Jumat, 26 Juni 2020.

C11 adalah ponsel pertama Realme yang menampilkan modul kamera belakang berbentuk persegi, yang terdiri dari flash LED, sensor utama 13 MP dan kedalaman 2 MP. Kamera juga akan hadir dengan Mode Super Nightscape untuk fotografi dalam kondisi cahaya redup.

2. Peserta UTBK Resah Tak Bisa Log In Portal LTMPT

Ilustrasi UTBK (ujian tulis berbasis komputer). TEMPO/Prima Mulia

Akun resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di Twitter dibanjiri pertanyaan dan keluh kesah peserta, Senin, 29 Juni 2020. Mereka mempersoalkan laman portal.ltmpt.ac.id yang tidak bisa diakses. “Web ltmpt masih eror kah, aku login kok gak bisa terus,” kata Nadia.

Pertanyaan senada muncul berulang kali dari pendaftar Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Namun hingga pukul 10.00 WIB tidak ada jawaban atau tanggapan resmi dari LTMPT.

Sebagian peserta menduga server LTMPT down. Tujuan ke portal.ltmpt.ac.id dialihkan ke laman resmi LTMPT. “Baru buka nanti pukul 13.00 insya Allah. Sedang dipersiapkan,” kata M. Nasih, Ketua LTMPT lewat pesan tertulis singkat, Senin.

3. Mahasiswi FKUI Juara Internasional MIT Covid-19 Challenge

Adriana Viola Miranda, Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) angkatan 2016, bersama timnya meraih juara kompetisi 'MIT Covid-19 Challenge: Latin America vs Covid-19' pada 19-21 Juni 2020. Kredit: Humas Universitas Indonesia.

Adriana Viola Miranda, Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) angkatan 2016, berhasil mengharumkan nama Indonesia setelah dia dan timnya meraih juara pada kompetisi internasional bertajuk 'MIT Covid-19 Challenge: Latin America vs Covid-19' pada 19-21 Juni 2020 lalu.

Dalam gelaran itu, Adriana bergabung dalam tim bernama AMIGO, yang dalam bahasa Spanyol berarti 'Teman'. Anggotanya berasal dari berbagai negara, seperti Chili, Brasil, Argentina, Sri Lanka, dan Amerika Serikat, yang memiliki latar belakang profesi beragam, mulai dari dokter, pakar kesehatan masyarakat, hingga ahli bioteknologi.

“AMIGO menawarkan solusi berupa pelayanan melalui sistem telemedicine berbasis WhatsApp atau SMS bagi yang tidak memiliki akses ke internet. Tujuannya memastikan pelayanan kesehatan memadai bagi populasi rentan dengan kondisi kronis,” ujar Adriana, dalam keterangan tertulis, Minggu, 28 Juni 2020.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT