Terekam Video, Jet Akrobatik Hibur Petugas Medis Jatuh di Kanada
TEMPO.CO | 19/05/2020 06:44
Pesawat aerobatik Snowbirda milik Canadian air force yang mengalami kecelakaan di pemukiman warga di Kamloops, British Columbia, Kanada, 17 Mei 2020. Courtesy of Elwood Delaney/via REUTERS.
Pesawat aerobatik Snowbirda milik Canadian air force yang mengalami kecelakaan di pemukiman warga di Kamloops, British Columbia, Kanada, 17 Mei 2020. Courtesy of Elwood Delaney/via REUTERS.

TEMPO.CO, Jakarta - Sebuah cuplikan video pendek menangkap detik-detik pesawat jet Kanada jatuh setelah beberapa saat mengangkasa, Minggu 17 Mei 2020. Pesawat jenis CT-114 Tutor itu adalah bagian dari Snowbirds, skuadron jet akrobatik udara di militer Kanada yang sedang berkeliling dalam misi memompa semangat petugas medis Covid-19.

Video berdurasi beberapa detik itu menunjukkan sepasang jet Snowbirds naik ke langit dari lapangan terbang Kamloops, British Columbia, pada Minggu pagi lalu. Satu lalu tiba-tiba memisahkan diri dengan terbang menanjak dan jatuh lagi ke arah kiri. Jet itu lalu tampak berasap--belakangan diketahui adalah lontaran pilot ke luar kokpit--sebelum berpilin menghunjam daratan.

"Apa-apaan?" kata pria yang mengambil video itu terkejut. "Tidak mungkin! Anda melihat pesawat yang baru saja jatuh dari langit?" katanya lagi terdengar di video itu.

Kapten Jennifer Casey, seorang perwira urusan publik untuk Royal Canadian Air Force yang juga kru pesawat, tewas dalam kecelakaan itu. Sedang pilot, Kapten Richard MacDougall, dilaporkan Angkatan Udara Kanada mengalami luka dan satu rumah terbakar.

"Saya sangat sedih atas peristiwa tragis jatuhnya pesawat Snowbirds," bunyi bagian dari pernyataan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada sore harinya.

 

Pesawat aerobatik Snowbirds. Ottawacitizen.com

 

Militer setempat menyatakan akan segera melakukan penyelidikan untuk mencari penyebab jauhnya pesawat dan memastikan keselamatan penerbangan Snowbirds. "Misi pertunjukan akrobatik sementara dihentikan." 

Penerbangan yang dilakoni MacDougall dan Casey adalah bagian dari 'Operasi Inspirasi'. Mereka melakukan pertunjukan udara keliling Kanada untuk memberi semangat petugas medis yang sedang berjibaku melawan pandemi Covid-19 dan menghibur masyarakat yang harus diam di rumah karena pandemi itu. Tim Snowbirds bertolak dari Nova Scotia pada 29 April lalu dan pada akhir pekan kemarin tiba di British Columbia.


NEW YORK POST | WASHINGTON POST



REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT