Bantuan Mengalir, Satwa Kebun Binatang Bandung Aman Tiga Bulan
TEMPO.CO | 16/05/2020 13:15
Pengunjung memotret bayi orangutan Kalimantan berusia dua bulan bernama Cinta Lestari di Kebun Binatang Bandung, Jawa Barat, 18 November 2017. TEMPO/Prima Mulia
Pengunjung memotret bayi orangutan Kalimantan berusia dua bulan bernama Cinta Lestari di Kebun Binatang Bandung, Jawa Barat, 18 November 2017. TEMPO/Prima Mulia

TEMPO.CO, Bandung - Bantuan dan donasi mulai mengalir ke Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden (Bazoga) di tengah krisis yang mengimpit gara-gara pandemi Covid-19. Penanggulangan pandemi memaksa masyarakat membatasi aktivitas sosialnya, termasuk tidak bepergian ke kebun binatang. 

Akibatnya, pengelola tak menerima masukan dari tiket pengunjung dalam periode yang cukup panjang. Situasi berimbas ke pemeliharaan satwa koleksi yang menjadi minim dan terancam kelaparan.

Di antara bantuan yang datang berupa 1.000 potong ayam beku yang diserahkan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. Bantuan itu diperhitungkan cukup untuk stok makanan buaya yang dikoleksi Bazoga selama sebulan ke depan. 

"Ini menambah stok pakan satwa yang menipis sejak tidak ada pengunjung akibat pembatasan sosial karena Covid-19," kata staf humas Bazoga, Sulhan Syafii, Sabtu 16 Mei 2020.

Menurut Sulhan, sejumlah bantuan pakan satwa juga telah diterima dari sejumlah pihak sejak beberapa waktu lalu. Dari beberapa pemberi bantuan yang datang, dia mencatat, ada yang sampai empat kali datang menyumbang. "Jadi setiap hari ada saja yang membawakan sayuran," katanya. 

Dia memperkirakan, tambahan stok pakan satwa dari sejumlah bantuan itu, baik karnivora dan herbivora, akan cukup hingga Agustus atau tiga bulan ke depan. Selebihnya, kata dia, pihaknya masih perlu mempersiapkan skenario terburuk apabila krisis pakan terjadi gara-gara pandemi berlanjut.

 

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo secara simbolis memberi bantuan daging ayam pakan satwa di Bandung Zoological Garden di Bandung, Jawa Barat, Jumat 15 Mei 2020. Bambang Soesatyo memberikan donasi paket sembako untuk semua karyawan dan pemelihara satwa di Bandung Zoo serta 1.000 ekor ayam untuk satwa karnivora setelah mendengar beberapa kebun binatang terancam bangkrut selama pandemi Covid-19. Bandung Zoological Garden sendiri telah merumahkan 50 persen karyawannya dan memangkas porsi makan satwa koleksinya setelah kebun binatang tutup sejak virus corona mewabah. TEMPO/Prima Mulia

 

Sementara itu, Sulhan menyatakan kalau Bazoga masih membuka pintu untuk bantuan pakan hewan ataupun donasi lainnya. Dia mempersilakan dikirim langsung ke Bazoga yang berlokasi di Jalan Tamansari, Kota Bandung, atau lewat rekening.

Terpisah, Ketua MPR Bambang Soesatyo berharap bantuan seribu ayam beku bisa mengurangi beban manajemen kebun binatang. "Sehingga tak sampai melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawannya, sekaligus memastikan para hewan di sana tak kelaparan," katanya dalam siaran pers yang diterima, Jumat 15 Mei 2020.

Situasi yang terjadi saat ini juga disuarakan Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI). Mereka berinisiatif mengajak masyarakat luas untuk ikut peduli satwa di lembaga konservasi lewat program donasi Food for Animal. Donasi dibuka sambil memohon dukungan dan bantuan pemerintah demi menyelamatkan satwa koleksi dari kelaparan dampak pandemi Covid-19. 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT