Fitur Baru Panggilan Video Facebook Bisa Diikuti 50 Orang, Bisa Diakses dari WhatsApp
TEMPO.CO | 27/04/2020 09:30
Fitur Baru Panggilan Video Facebook Bisa Diikuti 50 Orang, Bisa Diakses dari WhatsApp
Ilustrasi Penyebaran Hoax di Facebook. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

TEMPO.CO, JakartaFacebook baru saja mengumumkan fitur panggilan video—Messenger Room—yang bisa digunakan hingga sebanyak 50 orang. Menariknya, raksasa media sosial membuat fitur itu bisa diakses melalui WhatsApp, sehingga memberikan pengguna opsi baru untuk melakukan panggilan video.

Menurut sebuah laporan dari WABetaInfo, Android beta versi 2.20.139 dari WhatsApp telah terlihat dengan pintasan ‘Room’ untuk fitur baru itu. Fitur baru ini siap bersaing dengan layanan seperti Zoom, Skype, dan Google Meet yang sudah lebih dulu muncul.

Ketika pengguna mengetuk ‘Room’ mereka akan melihat pesan pengantar kecil yang bertuliskan, “buat ruang di Messenger dan kirim obrolan video yang panjang ke grup dengan siapa pun. Bahkan jika mereka tidak memiliki WhatsApp atau Messenger.”

Artinya, pengguna bisa menggunakan opsi ini untuk melakukan panggilan video dengan cara lain, dan akan mengarahkan pengguna WhatsApp di luar aplikasi, dengan sebuah tautan. Terkait dengan keamanan privasi, CEO Facebook Mark Zuckerberg meneranngkan, sangat berhati-hati dan mencoba belajar dari masalah yang terjadi pada aplikasi serupa.

“Messenger Room akan diluncurkan di negara-negara tertentu, sebelum berkembang secara global,” ujar Zuckerberg, seperti dikutip laman CNET, Minggu, 26 April 2020.

WhatsApp adalah alat baru yang telah diumumkan Zuckerberg untuk masuk ke domain aplikasi panggilan video. Layanan panggilan atau konferensi video telah sangat populer sejak pandemi virus corona COVID-19 mengharuskan orang-orang manjaga jarak dan hanya beraktivitas dari rumah.

Messenger Rooms direncanakan meluncur minggu ini di beberapa negara dan meluas ke seluruh dunia dalam beberapa minggu mendatang. Pintasan telah terlihat di WhatsApp versi beta Android untuk saat ini, dan akan diikuti oleh pembaruan versi beta iOS.

TIMES OF INDIA | CNET


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT